Header Ads

Tidak Cuma Membuatkan Toko Online...

Beberapa kali saya mendapat kesempatan untuk membuatkan blogstore, kebanyakan klien nya dari Jakarta. Dan kebanyakan pula yang meminta saya membuatkan toko onlinenya adalah mereka yang sama sekali tidak mengerti internet, jadinya saya sedikit kerepotan. Ada yang sudah dibuatkan tapi juga produknya cepet laris melalui penjualan online. Ini yang menarik, maksudnya saya mesti bertanggungjawab pula terhadap penjualan produk orang lain. Padahal jelas-jelas saya hanya menawarkan jasa khusus untuk pembuatan toko onlinenya saja.

Ini mungkin jadi pelajaran, pertama bahwa ketika kita menawarkan jasa kreatif, kitaharus jelas menerangkan tentang apa saja yang akan kita kerjakan dan masuk kedalam nota pembayaran. Kedua, bahwa ketika orang lain membuat toko online ternyata dikepala mereka sudah terbayang peningkatan penjualan melalui online, dan itu bisa mereka dapatkan ketika pertamakali toko onlinenya launching. Dan yang ketiga, memang benar adanya bahwa secara moril si pembuat toko online juga harus bertanggungjawab terhadap promosi produk yang dipajang dalam toko online yang dibuatkannya. 








No comments

Powered by Blogger.