Header Ads

Mendatangkan Pengunjung Blog

Mendatangkan Pengunjung Blog| Judul dari posting ini sederhana ya? Dan sudah banyak sekali yang menulisnya, dari mulai yang memang menulis berdasarkan pengalamannya (empiris), atau yang menulis lantaran membacanya dari blog orang lain. Saya termasuk yang mana ya? Terserah pembaca saja. Yang jelas saya mengenal dan sudah "ngeblog" mulai dari tahun 2007, kalau dihitung berarti sudah sekitar 6 tahun lebih. Kalau sekolah berarti saya sudah lulus SD hehehe.

Kembali ke topik tulisan, kita awali dari pertanyaan bagaimana mendatanggkan pengunjung blog? Nah, lebih menjurus kan? 

Ada banyak tutorial yang pernah saya baca, baik dari jelajah blog, atau sales letter gratisan. Yang semuanya kebanyakan membacah cara-cara mendatangkan pengunjung tersebut dengan teknik atau trik. Dan kebanyakan blogger menyebutnya teknik SEO. Tapi saya tetep menyebutnya teknik mendatangkan pengunjung, kalau SEO lebih kepada optimasinya.
Pada dasarnya tidak ada cara yang jelas bagaimana sebenarnya seseorang mendatangkan pengunjung blognya. Bahkan untuk blogger yang pengunjungnya mencapai puluhan ribu pun kebanyakan mereka tidak tahu apa yang sudah mereka lakukan untuk bloggnya hingga pengunjungnya banyak. Termasuk saya (karena sya stupid kali hehehe).

Saya percaya dengan teknik-teknik, backling, dan lainya. Tetapi saya tidak yakin pengunjung datang untuk kesekian kalinya lantaran teknik-teknik yang sudah kita terapkan. Saya lebih yakin, pengunjung datang karena apa yang mereka cari ada di blog kita. 

Itu terbukti dengan blog ini, pengunjungnya sangat sedikit paling 100 lebih sehari. Tetapi dimusim-musim tertentu bisa naik hingga puluhan kali lipat. Dan musim tersebut adalah, musim ulangan semester. Karena di blog ini ada konten yang titlenya mengenai soals-soal ulangan, dan sampai saat ini top post dari blog ini masih tentang soal, dan ini sebenarnya menyebalkan buat saya. Artinya, orang datang ke blog ini kebanyakan lantaran ingin melihat soal-soal ulangan. 

Nah, dari contoh sederhana tersebut bahwa blog akan dikunjungi lantaran kontennya. Kalau kontennya memang dicari banyak orang maka blog tersebut akan ramia pengunjungnya. Jadi tipsnya sebelum membuat blog pilih-pilih topik yang memang dicari banyak orang.

Saya juga pernah menulis tentang:
Tutorial SEO gratis dari Google



No comments

Powered by Blogger.