Header Ads

Solusi Anti Nganggur 2.0

Solusi Anti Nganggur 2.0| Banyak anak muda yang kebingunggan setelah lulus sekolah atau kuliah setiap tahunnya. Persaingan di bursa lowongan kerja ternyata sangat luar biasa, mereka harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan pencari kerja lainya baik fresh graduate atau lulusan tahun sebelumnya. Belum lagi mereka harus berhadapan dengan serangkaian tes dan interview yang kadang dianggap menakutkan. Akhirnya banyak anak muda yang bingung, kebingungan dan memilih (walau bukan pilihan) menganggur. Artikel ini mungkin bisa memberi pencerahan dan solusi anti nganggur.  Saya menyebutnya solusi anti nganggur 2.0, kedengaranya lucu tapi begitulah sebuah judul dan solusi anti nganggur di era 2.0 saat ini.

Solusi anti nganggur yang saya tawarkan adalah bagaimana memanfaatkan internet untuk menciptakan peluang mendapatkan penghasilan tiap bulannya.



Untuk lulusan SMA/Sederajat
Untuk lulusan SMA saya yakin semuanya bisa mengoperasikan komputer dan menguasai beberapa program aplikasi, minimal office word. Selain bisa mengoperasikan komputer saya yakin lulusan SMA saat ini juga mengerti internet, minimal browsing dan email, atau facebook.
Dengan skill tersebut, coba kita manfaatkan untuk membuka peluang menciptakan lapangan pekerjaan sendiri melalui kreatifitas maya (kreatifitas maya, sebuah istilah yang saya dapatkan dari pak romi satria wahono).

Kreatifitas maya bisa kita mulai dengan:
  1. Membuat blog sendiri di blogger, karena blogger lebih mudah untuk di monetize.
  2. Mulailah menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, dan dibutuhkan oleh banyak orang. Sesuatu yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang tersebut biasanya berupa tutorial gratisan, contoh-contoh surat penting, ebook pembuatan aplikasi dan lainya.
  3. Update blog yang sudah dibuat tadi secara berkala, tentu dengan tulisan dengan tema yang sama. Kenapa mesti dengan tulisan dengan tema yang sama? Agar blog yang kita buat menjadi blog spesial yang berisi tulisan yang fokus pada satu topik bahasan. Hal ini disukai mesin pencari sehingga lebih mudah terindeks. Selain disukai mesin pencari, juga memudahkan pengunjung untuk mengingat konten blog kita sehingga blog yang kita buat tersebut akan dijadikan referensi.
  4. Usahakan fokus pada pembuatan tulisan dalam waktu 3 bulanan. Kalau satu hari satu tutorial yang kita posting, maka dalam 3 bulan sudah kita buat sekitar 90 tutorial. Kalau setiap tutorial dibuat dengan menarik, maka blog kita sudah berpotensi mendatangkan pengunjung yang bagus.
  5. Kini saatnya mulai menciptakan peluang mendatangkan penghasilan. Caranya, 3. diantara yang gratisan tersebut buatlah tutorial yang dikemas dalam bentuk buku digital (ebook) untuk dijual. Misalnya saja ebook panduan microsoft excel, ebook kumpulan tips dan trik microsoft excel dan lainya. Buat kemasan semenarik mungkin sehingga orang yang melihatnya tertarik. Tunggu sampai akhirnya ada telpon pertama dari pembaca yang ingin membeli ebook tersebut. Saya jamin setiap ebook yang kita buat dan dibutuhkan banyak orang pasti tidak akan sepi pembeli, minimal dalam sebulan ada saja 3 atau 4 orang yang membelinya. Kalau ebook yang kita jual harganya 50 ribu dikali empat berarti dalam satu bulan kita sudah bisa mengantungi uang sekitar 200 ribu. TIdak besar, memang. Karena yang kita buat baru satu ebook, coba buat lagi ebook berikutnya, buat lagi dan lagi. Kalau saja kita punya koleksi ebook sebanyak 10 ebook saja, yang harganya 50 ribuan, dan dalam satu bulan rata rata terjual satu ebook berarti dalam satu bulan ada sekitar 500 ribu yang masuk ke kantung kita. Tapi kalau setiap ebook yang kita buat rata-rata sebulan terjual minimlal empat buah dikali 10 ebook, hitung saja berapa jumlahnya? ya, 2 juta rupiah sudah bisa masuk ke kantung anda dalam sebulannya. Luar biasa bukan?
  6. Disamping menjual koleksi ebook. Kita juga bisa mencoba program periklanan google adsense, ini hanya bisa dilakukan di blogger. Google adsense sampai saat ini masih tetap menjadi idola para blogger, termasuk saya, karena penghasilan yang diberikan dari iklan-iklan yang ditayangkan di blog kita hasilnya cukup membuat ngiler.  Minimal 2 juta sebulan bisa kita bungkus, tentu jika trafik blog kita bagus. Selain google adsense, kita juga bisa ikut program periklanan lainya seperti chitika, adplus, infolink, kliksaya, diblognetwork dan banyak lagi yang semuanya bisa memberi penghasilan lumayan setiap bulannya.
Sekarang saatnya menghitung berapa penghasilan yang bisa kita peroleh setiap bulannya melalui blog kita?

Dari penjualan ebook, kita bisa mendapatkan sekitar 2 juta rupiah perbulannya. Dari google adsense kita bisa pula mendapatkan sekitar 2 juta rupiah perbulannya. Dari program periklanan lainya anggap saja kita memperoleh satu juta sebulan. Kalau kita kalkulasikan semuanya berarti dalam sebulan kita sudah bisa mengumpulkan sekitar 5 juta rupiah. Sangat luar bisa bukan? Perusahaan mana yang mau menggaji anak baru lulus SMA sebesar itu?

Uang sebesar itu jika dikelola dengan baik perbulannya, maka alangkah baiknya digunakan untuk meneruskan kuliah.

Tapi ingat ya, semuanya perlu kerja keras, bukan instan.

No comments

Powered by Blogger.