Header Ads

Guru Harus Mampu Bercerita Dan Membuat Cerita yang Menarik

image from http://alazhar.syifabudi.sch.id/
Guru Harus Mampu Bercerita Dan Membuat Cerita yang Menarik|Tadi pagi, seperti biasa kalau hari kamis saya ada jadwal jam pertama. Dan di sekolah kami untuk jam pertama mempunyai keleluasaan waktu sekitar 30 menit untuk berinteraksi dengan siswa, ada yang menyebutnya morning talk. Saya biasa menggunakan keleluasaan waktu tersebut untuk hafalan bacaan sholat dari niat sampai tahiyat akhir, tujuan saya supaya anak hafal bacaan-bacaan sholat tersebut. Dan sisanya saya akan mengisinya dengan cerita-cerita ringan yang pernah saya alami atau yang pernah saya baca. Siswa biasanya sangat senang kalau sudah mendengar cerita, terlebih cerita yang "menggelitik" alias lucu. Tapi melulu bercerita malah membuat siswa terlena dan enggan memulai pelajaran, inginnya mendengar cerita terus, mungkin disinilah bagaimana guru bisa memainkan "timingnya" agar tujuan utama dari KBM bisa terlaksana dengan baik dan menyenangkan.

Saya pernah membaca bahwa guru harus mampu bercerita dengan baik, sebab dengan cerita tersebut guru bisa mengambil hati siswa dan pada akhirnya siswa merasa senang. Kalau sudah senang siswa akan merasa nyaman dalam menerima materi. Tentu dalam menyampaikan materi pun perlu menggunakan metode dan model yang tepat. 

Guru juga harus mampu membuat cerita, entah itu fiktif atau kenyataan sebenarnya. Dari pengalaman hidup guru biasanya selalu ada kisah yang menarik untuk diceritakan, terutama kisah di waktu kecil, dan itu akan menjadi "cerita dokumenter" yang istimewa buat siswa kita. Atau kita membuat tokoh-tokoh fiktif yang berhubungan dengan materi pembelajaran, entah menggunakan tokoh binatang atau orang.

Sedikit tips
  • Rencanakan cerita yang menarik untuk mengajar besok 
  • Siapkan beberapa cerita yang menarik, karena satu cerita bisa saja tidak cukup menghibur bagi siswa kita, atau siapa tahu ada siswa kita yang sudah mendengar cerita tersebut sehingga memutus mut mendengarkan siswa.
  • Jangan mengambil cerita yang kemungkinan sudah didengar oleh anak
  • Rencanakan berapa lama kita akan bercerita
  • Selesaikan cerita disaat siswa ingin mendengarkanya lagi, buat pernyataan "cerita lainya hari...."
  • Cerita tidak harus nyambung dengan materi, biarkan liar saja
  • Sering-seringlah melihat orang yang mendongeng lewat video, itu bisa kita dapatkan dari youtube
  • Sering-seringlah bercerita dengan siswa agar terbiasa

No comments

Powered by Blogger.