Header Ads

Apa yang Bisa Kita Jual Melalui Internet?

image: business.twitter.com
Apa yang Bisa Kita Jual Melalui Internet? Untuk mendapat penghasilan tentu kita harus bekerja baik secara pisik, maupun otak atau menggabungkan keduanya. Pun dengan bagaimana kita bisa mendapatkan penghasilan melalui internet, tentu harus dengan bekerja. Dan pekerjaan yang bisa menghasilkan melalui internet itu adalah dengan menjual produk kepada orang lain. Ini hanya salah satunya saja, sebab masih banyak cara mendapatkan penghasilan selain menjual produk seperti paid review, afiliasi dan seterusnya. Tapi saya lebih menyukai pekerjaan menjual produk, karen ini jelas pekerjaanya, dan tidak takut "makruh atau gak halal" (hehe...ini mengutip pernyataan teman saya).


Apa yang bisa kita jual?
Banyak sekali sebenarnya yang bisa kita jual melalui internet. Ya seperti berjualan pada umumnya, barang apa saja pasti laku asal bisa menjualnya, dan tentu harus mempunyai lapak yang strategis (blog atau website yang pengunjungnya bagus).

Banyak ibu-ibu rumahan yang tiba-tiba jadi pebisnis online lantaran menjual produk kerajinan tanganya sampai ke lar negeri. Bahkan ada yang menjual tusuk gigi dan kemudian menjadi pengekspor ke luar negeri. Dan banyak lagi. 

Contoh sederhana, saya pernah iseng-iseng membuat komentar promosi dalam blog yang berisi konten makanan khas indonesi. Isinya kalau gak salah, "yang membutuhkan buah gandaria, hubungi saya di nomor 018...." dan beberapa minggu kemudian ada ibu-ibu yang telpon menanyakan buah gandaria tersebut untuk membeli dari saya. Nah, buah gandari saja laku apalagi produk lainya.

Tapi menjual barang fisik tadi (sembako, pakaian, gadget dan lainya) memerlukan modal dan pengelolaan yang tidak bisa dikerjakan sendiri. Untuk itu banyak rekan blogger yang tidak memilih jenis produk tadi untuk mereka jual. 

Saya sendiri lebih suka menjual produk kreatif, seperti ebook, jasa pembuatan website, jasa membuat toko online dan hal yang berhubungan dengan website atau blog. Karena produk-produk tadi tidak memerlukan ruang untuk gudang dan kurir. Untuk ebook saya tinggal menyimpanya di hardisk virtual dan jika ada transaksi tinggal memberi password dan pembeli mengunduhnya sendiri. 

Begitupun dengan jasa pembuatan website, saya tidak perlu ketemu dengan klien yang hanya menghabiskan waktu dan ongkos saja, cukup menerima pesanan dan kebutuhan data lainya yang akan ditampilkan di website melalui email. Klien saya juga tidak perlu repot-repot untuk berkonsultasi panjang lebar karena saya telah menyiapkan semua keperluan yang mungkin ingin diketahui klien saya melalui blog saya. Soal pembayaran, kita bisa memanfaatkan rekening kosong untuk transit transaksi, dan itu tidak terlalu berisiko ketimbang pembayaran cash.

Jadi, kalau menurut saya yang paling aman dan nyaman mengenai produk yang bisa kita jual melalui internet adalah produk berupa data. Entah ebook, jasa skill, software aplikasi dan lainya yang semuanya hanya memerlukan ruang virtual yang prosesnya bisa dilakukan sendiri tanpa harus menyewa karyawan. Kecuali jika ingin membuat company, tentu produk-produk fisik pun tidak masalah tetapi anda perlu berinvestasi cukup mahal. Dan itu tidak bisa dilakukan oleh seorang guru...




No comments

Powered by Blogger.