Header Ads

Cara Menggunakan Instagram Lengkap


Cara Menggunakan Instagram Lengkap

Instagram adalah aplikasi jejaring sosial untuk berbagi media foto dan video antar sesama pengguna Android & iOS. Perangkat yang memiliki fitur filter digital akan memungkinkan penggunannya untuk mengedit foto dan langsung mengunggahnya melalui Instagram. Jadi Aplikasi Instagram berguna sebagai aplikasi untuk mengedit efek foto dan membagikan foto.

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang kini sedang populer dan banyak digunakan orang-orang, khususnya bagi pengguna smartphone, mereka mendownload dan menginstal Instagram. Pada awal kemunculannya, aplikasi Instagram hanya dapat digunakan melalui iOS. Kemudian, aplikasi ini dapat berjalan di OS Android hingga kini dan telah memiliki pengguna aktif lebih dari 50 juta orang.

Namun masalahnya,  ada banyak orang yang masih bingung dalam menggunakan instagram? bagaiman cara menggunakan instagram itu? Maka melalui postingan ini saya akan menjelaskan cara menggunakan instagram secara lengkap dengan panduan yang mudah dipahami untuk pemula sekalipun.

Cara Menggunakan Instagram


Anda harus membuat akun Instagram terlebih dahulu, sebelum anda menggunakan Aplikasi Instagram. Jika belum punya, silahkan mendaftar dahulu. Panduan mendaftar instagram dapat anda lihat disini :
Setelah anda memiliki sebuah akun instagram, maka yang harus anda lakukan selanjutnya yakni memahami fungsi dari menu-menu yang terdapat pada tampilan bar di atas Aplikasi Instagram. Silahkan lihat gambar dan simak penjelasannya dibawah ini sesuai dengan nomor urut menu nya.

Cara Menggunakan Instagram Lengkap

1. Home

Pada menu ini, kita dapat melihat postingan foto dan video yang telah di upload oleh orang yang kita follow. Disana kita dapat memberikan dan komentar.
Namun saat pertama kali kita menggunakan Instagram setelah mendaftar maka tampilan Home akan terlihat kosong. Halaman ini akan menampilkan postingan bila kita telah memfollow orang lain. Untuk memfollow orang lain caranya dengan mengklik 'Find Your Facebook Friends' yang letaknya berada ditengah, lalu follow teman-teman Facebook kita. 

2. Explore

Explore akan menampilkan beberapa postingan sharing foto & video dari pengguna populer yang memiliki banyak like & komentar dan terpilih secara acak.

3. Upload Photo

Menu ini digunakan untuk mengupload foto dan video. Foto atau video bisa kita ambil dari gallery pada media penyimpanan HP kita atau melalui foto baru dari kamera HP kita. Berikut gambar dari tampilan pada menu upload foto
Cara Menggunakan Instagram Lengkap
Keterangan :
  1. Garis berbentuk kolom agar foto menjadi lebih akurat
  2. Menggunakan kamera depan atau belakang
  3. Untuk mengambil foto dari media penyimpanan dalam HP kita
  4. Mengambil foto secara langsung melalui kamera
  5. Merekam video

Setelah memotret atau memilih foto yang ingin diupload, maka crop foto tersebut dan sesuaikan dengan keinginan anda. Caranya tap tombol panah hijau yang ada di sudut kanan atas.


Selanjutnya pilih efek foto sesuai keinginan anda. Lalu tap lagi tombol panah hijau yang ada disudut kanan atas layar.

Selanjutnya berikan deskripsi mengenai foto tersebut di 'field Add a caption'. Anda juga dapat membagikan gambar tersebut ke media sosial lain seperti Facebook dan Twitter dengan cara tap logo jejaring sosial yang diinginkan. 

Lalu tap tombol panah hijau disudut kanan atas. Tunggu proses upload sampai selesai. Maka anda dapat melihat foto yang telah anda upload pada timeline anda. 

4. News

Pada menu ini terdapat 2 submenu, yaitu : 
Following : berisi aktifitas dari orang yang kita follow / ikuti
You : menampilkan pemberitahuan secara update, seperti follower baru, komentar baru atau pemberian like baru.

5. Profil

Pada menu profil, menampilkan jumlah postingan, followers, dan following. Anda juga dapat mengganti informasi tentang profil dengan mengklik "Edit your profile". Selain itu, ada 4 tombol dibawahnya yang memperlihatkan tentang segala postingan kita. 

Cara Menggunakan Instagram Cara Edit Profile

Yang bisa dilakukan melalui menu Profil :

  • Mengganti foto profil, caranya dengan :
Tap pada foto profil, lalu pilih foto yang ingin dijadikan foto profil. Anda dapat menggunakan foto profil Facebook dan Twitter atau menggunakan foto dari gallery media penyimpanan smartphone anda atau mengambil foto langsung dari hasil jepretan kamera smartphone.
  • Mengubah informasi bio, caranya dengan :
Tap tombol 'Edit your profile'. Lalu anda bisa mengubah nama, username, website, bio, serta password akun Instagram anda.

Cara Menggunakan Instagram Dengan Gambar Cara Ubah Data Profil

  • Mencari teman melalui kontak di smartphone atau teman Facebook. Atau berdasarkan nama maupun username akun Instagram orang lain, caranya dengan :
Masuk ke menu Profile  >>  klik icon tiga titik yang ada di sudut kanan atas untuk menampilkan menu Options  >>  Pilih 'Find Friends'.

Cara Menggunakan Instagram Mencari Teman di Instagram

Demikian artikel mengenai Cara Menggunakan Instagram Lengkap ini. Jika artikel ini dirasa bermanfaat untuk anda, maka bantu saya membagikan artikel ini melalui media sosial. Jika ada pertanyaan silahkan kirimkan melalui kolom komentar. Terimakasih.

No comments

Powered by Blogger.