Header Ads

Masih Membuat Lap Book Tema Pekerjaan

Masih Membuat Lap Book Tema Pekerjaan
Tadi pagi saya ada jadwal mengajar di kelas 3 SD, untuk mata pelajaan IPS. Dan materi yang kami pelajari (saya dan siswa) masih melanjutkan materi minggu sebelumnya, bab jenis pekerjaan di masyarakat. Dengan sub materi jenis pekerjaan di masyarakat berdasarkan jenis pegawai. Dalam posting modul IPS di blog ini saya posting pada materi IPS topik ke-4. Dan setelah memberi penjelasan dan berdialog sebentar dengan siswa tentang jenis pegawai, semua siswa kembali ke proyek minggu lalu yaitu membuat lap book dengan tema pekerjaan. Link proyek pembuatan lap book minggu yang lalu bisa dilihat di posting tanggal 14 Januari 2014. Mau tahu seperti apa siswa bekerja membuat lapbook, silahkan lihat photo-photonya.....

Beberapa photo siswa saat mengerjakan Lap Book di minggu yang kedua:



Pada minggu sebelumnya, siswa sudah membuat cover lap book. Dan untuk pelajaran berikutnya (pelaksanaanya tadi siang) semua siswa diberi tugas untuk membawa potongan gambar jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, dan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Masing-masing jenis pekerjaan tersebut minimal terdiri dari 5 buah gambar.


Gambar bisa dari apa saja. Bisa dengan menggambar sendiri seperti yang dilakukan Ibnu. Atau mengambilnya dari koran, majalah, atau tabloid bekas lainnya.


Semua siswa terlihat antusias dalam mengerjakan lap book tersebut. Terjadi interaktif antara satu siswa dengan siswa lainnya. Misalkan ketika siswa hendak menempelkan sebuah gambar, mereka bertanya dulu sama temannya yang lain, apakah gambar yang akan ditempelnya jenis yang menghasilkan jasa atau barang?


Elaborasi, eksplorasi dan konfirmasi terjadi dalam proses KBM seperti ini. Siswa juga bisa lebih kreatif dan memiliki kebanggaan tersendiri terhadap hasil kerjanya. God job anak-anak.....!

Topik materi jenis pekerjaan IPS Kelas 3 SD Semester 2:
______________________________________
Lihat catatan membuat Lapbook materi ips minggu yang lalu →


No comments

Powered by Blogger.