Header Ads

Lima Desa Di Seruyan Akan Terima Dana Alokasi Desa Tertinggi

LIMA desa di Seruyan akan menerima anggaran tertinggi untuk Alokasi Dana Desa (ADD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2014.


Kelima desa yang akan menyerap dana ADD lebih besar dibandingkan desa lainnya itu, yakni Desa Tumbang Manjul, Pemantang Panjang, Baung, Pembuang Hulu I dan Asam baru. Kelima desa itu akan menerima dana sekitar Rp339 juta.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD), Seruyan Dadan ­Supandy, mengatakan kelima desa itu mendapatkan ­jatah maksimal karena jarak dan tingkat kemiskinan.
“Setiap desa menerima dana ADD ini jumlahnya ­tidak sama, karena melihat kategori desa penerima,” kata dia.

Ada tiga kategori dalam penentuan besaran ADD, yakni memerhatikan jumlah penduduk, jangkauan dan luas wilayah. Apabila memenuhi ketiganya desa akan mendapat kucuran dana ADD lebih banyak dibandingkan desa lainnya yang tidak memenuhi kriteria.
Dari 97 desa dan tiga kelurahan yang tersebar di 10 kecamatan di Seruyan, desa penerima ADD ­terendah yakni Desa Halimaung Jaya dengan besaran ADD hanya Rp168 juta. Sedangkan desa-desa lainnya rata-rata mendapatkan dana sekitar Rp149 juta.

“Tetapi dana ADD itu belum bisa dicairkan karena masih tahap usulan,” jelas Dadan.
Pencairan dana ADD masih menunggu laporan Surat Pertanggungjawaban (SPj), yang belum diserahkan beberapa desa. SPj itu guna mengetahui sejauhmana penggunaan dana ADD pada tahun sebelumnya. “Kami harapkan apabila SPj sudah selesai, dana ADD berikutnya segera dicairkan, diperkirakan Maret nanti sudah cair semuanya,” ucap mantan Camat Hanau itu
 
Sumber :
http://borneonews.co.id/index.php/kalteng/seruyan/item/10608-lima-desa-terima-add-terbesar

No comments

Powered by Blogger.