Header Ads

Perangkat Teknologi yang Wajib Dimiliki Guru

Perangkat Teknologi yang Wajib Dimiliki Guru| Guru saat ini tidak lagi semiris lagu satir "oemar bakrie" milik Iwan Fals. Guru saat ini sudah bisa hidup jauh lebih baik, walau tidak semuanya begitu. Maka tidak heran guru saat ini akrab dengan piranti (gadget) terbaru, sebut saja smartphone, komputer jinjing, dan jenis gadget canggih lainya. Lalu apa saja perangkat yang semestinya dimiliki oleh seorang guru?

  1. Handphone. Perangkat ini wajib dimiliki oleh seorang guru fungsinya tentu untuk berkomunikasi. Agar siswa, orang tua siswa bisa berkomunikasi dengan mudah.
  2. Notebook / laptop. Perangkat ini juga wajib dimiliki oleh guru. Sebab hampir semua pekerjaan administrasi guru dikerjakan dengan komputer. Seperti pembuatan skenario pembelajaran, media, akses internet, dan lain sebagainya untuk kepentingan pembelajaran. Akan sangat merepotkan jika guru tidak memiliki notebook untuk saat ini.
  3. USB Flashdisk. Perangkat ini menjadi alternatif penyimpanan data. Selain menyimpan data di laptop, guru juga wajib menyimpan data-data untuk kegiatan pembelajaran lainya di USB Flashdisk. Selain sipatnya yang mudah dibawa-bawa, falshdik juga menjadi bakup data alternatif.
  4. USB Modem. Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi guru. Karena update informasi bisa diperoleh dengan mudah, dan cepat. Terutama informasi yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran. Dan USB Modem menjadi perangkat wajib untuk seorang guru ketika ingin mengakses jaringan internet dimana saja dengan biaya terjangkau.
  5. Printer. Perangkat output device komputer ini memang bukan menjadi kebutuhan pokok, tapi perananya sangat penting untuk proses cetak data. Mengandalkan printer sekolah akan sangat tidak menyenangkan jika kebutuhan untuk proses mencetak data diperlukan dengan cepat dan tidak mengganggu kepentingan rekan guru lainya.
  6. Hardisk Portable. USB Flashdisk sebenarnya sudah cukup, karena kapasitas penyimpananya sekarang sudah sangat besar. Tetapi hardisk portable akan sangat membantu dalam penyimpanan data cadangan, fungsinya sama yakni untuk backup data.
  7. Kamera Digital. Merekam kegiatan belajar akan menjadi arsip digital yang bisa digunakan untuk kebutuhan simulasi dan media pembelajaran dikemudian hari. Memiliki kamera digital akan sangat membantu untuk proses pengarsipan kegiatan-kegiatan tersebut.
image: http://www.wired.com

    No comments

    Powered by Blogger.