Header Ads

Jasa Edit dan Cetak Photo Kreatif Bisa Jadi Bisnis Sampingan Buat Guru

Jasa Edit dan Cetak Photo Kreatif Bisa Jadi Bisnis Sampingan Buat Guru
Kemarin saya bersama anak dan istri berkunjung ke sebuah tempat perbelanjaan, niatnya bukan mau belanja, melainkan mau menemani anak saya ke tempat permainan untuk anak yang kebetulan tempatnya di tempat perbelanjaan tersebut. Sebelum masuk ke tempat permainan anak tersebut, saya melewati banyak stand, dan saya tertarik dengan salah satu sand yang dikerumuni banyak orang,  yang tak lain stand tersebut merupakan stand tempat jasa edit dan cetak photo. Tak lupa saya memotret stand tersebut untuk oleh-oleh posting di blog ini, bukan photonya yang ingin saya bagi, melainkan ide bisnisnya yang saya pikir ini bisa jadi sumber penghasilan tambahan buat guru.


Apa yang menarik dari bisnis jasa edit dan cetak photo kreatif?

Pertama, adalah modal usahanya yang menurut saya tidak harus besar. Kita bisa memulainya dengan modal yang kita mampu terlebih dahulu. Dan ini tidak terlalu memberatkan kantong kita tentunya. Untuk memulai bisnis jasa edit cetak photo kreatif, kita bisa mulai dengan modal untuk membeli piranti:
  • Komputer, kisaran harganya sekitar 3 jutaan, kalau kita sudah punya laptop bisa menggunakan laptop tersebut terlebih dahulu.
  • Printer, kisaran harganya sekitar 1 jutaan, kita pilih kualitas standar saja terlebih dahulu
  • Tinta, kita kasih budget 800 ribuan
  • Kertas, kita beli seperlunya saja dahulu, misal kita kasih budget 200 ribuan
  • Software aplikasi, yang kita butuhkan aplikasi untuk edit photo seperti Photosop, kalau beli harga software ini memang selangit, tapi kita bisa minta teman untuk menginstalasinya memakai aplikasi bajakan, atau yang gratisan GIMP yang berbasis Linux.
Jadi kalau dihitung modal yang harus kita sediakan sekitar 5 jutaan. Besar ya? Kalau laptop sudah ada, berarti kita cuma butuh 2 jutaan untuk memulai bisanis jasa edit cetak photo kreatif.

Kedua, cara menjualnya. Jasa edit cetak photo termasuk jenis bisnis kreatif, untuk itu cara menjual merupakan bagian penting dalam strategi mendapatkan konsumen.  Ada dua cara dalam mempromosikan bisnis ini, yaitu secara offline, dan online. Mempromosikan secara offline yang harus kita lakukan adalah, mencari tempat strategis, dan membagi informasi melalui berbagai media promosi. Kalau secara online, yang harus kita lakukan adalah membuat blog atau situs promosi, membuat fans page promosi, dan jenis media promosi online lainnya.

Ketiga, cara mengelola bisnis. Apakah dikelola sendiri atau di delegasikan? Kalau bisnis ini dikelola secara konvensional / offline maka kita harus menggunakan tenaga orang lain, karena tugas utama kita di sekolah. Tetapi kalau bisnis ini kita market secara online maka kita bisa mengerjakannya sendiri.

Keempat, skil penguasaan aplikasi photosop. Karena bisnis ini merupakan bisnis kreatif, maka kita harus siap dengan skil kreatifitas kita, dan yang paling pokok ya menguasai aplikasi photosop tersebut. Minimal menguasai dasar-dasar photosop yang biasa dikerjakan tukan cetak photo, seperti cara croping, mengganti backgroun, pencahaayaan dan dasar editing photo lainnya. Sambil menjalankan bisnsi kita bisa belajar ulang melalui tutorial yang betebaran di internet.

Kelima, kemauan dan kerja keras. Ini yang penting sebenarnya. Modal bisa dicari, pinjem ke koperasi atau ke teman yang sudah cair sertifikasi gurunya atau "merengek" ke kepala sekolah juga bisa. Cara mengelola bisnis tinggal banyak bertanya dan sabar. Soal skil, itu urusan gampang, tidak mahir photosop masih banyak aplikasi yang khusus di buat untuk cuci cetak photo yang tinggal cari di internet dan download gratis. Yang susah itu kemauan untuk memulai usaha, yang susah itu kerja keras untuk mengembangkan usaha. Kalau anda punya kemauan dan mau kerja keras, Insya Allah bisnis apapun bisa di jalankan.

Software aplikasi cuci cetak photo Gratis
Beberapa software untuk cuci cetak photo berikut bisa kita gunakan sebagai ganti aplikasi Photosop:
Dan masih banyak lagi software untuk cuci cetak photo gratis lainnya yang bisa kita pilih. Kalaupun masih mentok dengan aplikasi-aplikasi tadi, kita masih bisa menggunakan aplikasi perkantoran Microsoft Word 2013, aplikasi buatan Microsoft ini bisa kita manfaatkan untuk cuci cetak dan edit photo karena ada fitur tambahan untuk menghilangkan dan mengganti background image.

Selamat mencoba dan ayo berbisnis!

No comments

Powered by Blogger.