Header Ads

5 Hal Sangat Tidak Penting di Tampilkan di Blog / Website

5 Hal Sangat Tidak Penting di Tampilkan di Blog / Website| Dulu, ketika baru mengenal blog dan mulai belajar membuat blog pekerjaan saya saat itu cuma utak-atik template, ingin tampilannya begini, ingin tampilannya begitu. Pasang widget ini dan itu, sehingga blog saya cuma jadi blog "genit" yang selalu gonta ganti tampilan. Sementara pekerjaan pokoknya, mengisi konten tidak dilakukan, lantaran melulu disibukan dengan urusan tampilan. Dan setelah beberapa lama, banyak baca referensi dari teman blogger dan sumber bacaan lainnya yang berbagi pengalaman seputar blog dan website, ternyata yang lebih penting adalah isi, alias konten. Soal mendandani blog itu cuma urusan selera saja.



Ada 5 hal yang selalu ingin kita tampilkan dalam website atau blog kita, padahal ternyata itu tidak penting sama sekali. Apa saja itu?

  1. Memasang widget jam digital. Sepintas widget ini menarik dan terlihat cantik kalau dipasang di sidebar blog kita. Tapi apa fungsinya? Untuk mengingatkan waktu pengunjung yang datang ke blog kita? Temen saya bilang "mas bro emang pengunjung datang ke blog enta buat nyari tahu jam berapa sekarang? bukan mas bro, mereka datang untuk mencari informasi yang ada dalam blog ente..." 
  2. Statistik pengunjung. Ini juga tidak penting di pasang di blog kita, terlebih blognya masih baru dan sepi pengunjung. Kata temen saya" malu-maluin aja, pengunjung yang sepi dipamer-pamerin...."
  3. Memasang status pengunjung yang online saat ini. Yang ini juga lebih baik jang di pasang, kalau pengunjungnya banyak tidak masalah karena akan menambah kredibilitas blog di mata pengunjung, tapi kalau pengunjungnya NOL? 
  4. Memasang kalender. Ini juga sangat tidak penting, apa fungsinya? Sama halnya dengan jam digital, memang pengunjung datang ke blog kita mau mencari informasi hari ini tanggal berapa, bulan berapa, tahun berapa? 
  5. Memasang animasi yang tidak perlu. Saya dulu sering tergoda untuk memasang animasi-animasi yang menurut saya menarik, misalnya animasi naga terbang hehehhe. Padahal apa coba fungsinya? memperindah? Padahal dengan animasi tersebut load blog malah jadi berat, dan malah membuat blog kita terlihat tidak profesional.
Itulah  5 hal yang ternyata sangat tidak penting untuk di pasang di blog atau website kita, kalau blog kita masih baru dan miskin pengunjung. Kalau sudah banyak yang mengunjungi sih ceritanya lain lagi. Saya sendiri untuk beberapa blog saya yang pengunjungnya lumayan rame, widget statistik pengunjung dan status pengunjung online saya pasang. Tapi untuk blog yang pengunjungnya masih dibawah 1000 saya tidak pasang. Bagaimana dengan anda?

No comments

Powered by Blogger.