Header Ads

Belajar SEO OffPage Secara Sederhana

SEO offpage merupakan salah satu elemen penting dari SEO, sebelumnya kita sudah berbicara Ping Backlink, Social Bookmark dan Direktori Blog. Apabila kita menginginkan website/blog kita berada pada urutan yang baik di search engine. Baik itu Google, Yahoo dan Bing. Elemen dalam SEO terdiri dari 2 hal, yaitu : onpage dan offpage. Dua hal ini menyatu dalam satu kesatuan, bagi yang sudah memahami apa itu seo. Hal ini tidak dapat dipisahkan!

Apa perbedaan antara SEO onpage dan offpage? Letak perbedaannya lebih kepada CARA pengoptimalannya. SEO Onpage cara pengoptimalan nya lebih kepada struktur DI DALAM Website, sementara SEO offpage lebih kepada struktur di LUAR website/blog yang kamu miliki. Hal ini jelas harus dikuasai oleh para pebisnis online baik yang pemula maupun yang sudah mahir di dalam melakukan cara bisnis online.

Pengertian sederhana dari seo offpage : “Segala sesuatu yang berasal dari LUAR Website/blog kita dan mengarah kedalam blog/website yang kita miliki disebut dengan backlink SEO Offpage..”

Seandainya Anda menaruh link pada website orang lain, kemudian ada orang yang melakukan KLIK pada Link tersebut sehingga  menuju kedalam website/blog yang Anda miliki, maka Anda sudah akan mendapatkan Backlink yang berasal dari SEO offpage.

Seberapa pentingnya kah SEO Offpage? Di dalam melakukan cara membuat blog atau website. SEO offpage termasuk sangat penting. Kenapa? Karena SEO offpage juga menjadi tolak ukur popularitas sebuah website/blog di mata search engine. Prinsip dasar para search engine dari dulu hingga sekarang masih sama : Website/blog yang populer akan jauh lebih baik di mata mesin pencari, baik itu Google, Yahoo maupun Bing.

Kegiatan inilah yang digadang-gadang memiliki andil besar dalam menaikkan posisi suatu web di SERP (search engine result page). Jadi tidak cukup hanya berkualitas di sisi internal saja, tapi yang bagian external juga harus ikut berkualitas.

Agar SEO off page kita dinilai berkualitas oleh search engine, maka web kita harus berada di web-web yang sebelumnya telah dianggap berkualitas oleh search engine, yakni dengan mendapatkan link dari mereka. Kegiatan inilah dalam SEO off page disebut menanam backlink atau link building.

Caranya bisa dengan memberikan komentar di web atau blog-blog populer tersebut. Tidak hanya itu, agar search engine menganggap backlink yang kita bangun berkualitas, maka dalam menanam backlink seharusnya menanam di web yang kontennya relevan dengan web kita.

Teknik Backlink (SEO OffPage)  merupakan yang paling riskan untuk dilakukan apalagi untuk website yang terbilang masih sangat baru karena kenyataannya memang banyak Website yang terlempar dari posisi teratas GOOGLE karena faktor backlink ini, namun tidak semua dapat dipersamakan. didalam SEO Anda tidak bisa memandang salah satu faktor dalam sistem ranking Google karena tidak ada ilmu pasti didalam SEO. yang perlu Anda ingat adalah bagaimana Anda melakukan teknik Backlink ini dan kapan Anda harus melakukannya.

Perla Anda ketahui bahwa backlink tidak pernah MATI. jadi Anda yang telah berpikir bahwa backlink sudah tidak berpengaruh disearch Engine adalah pemikiran yang sangat-sangat menyesatkan. Sampai kapanpun Backlink tetap akan digunakan dalam Search Engine Rangking Factor. Namun Anda harus mengetahui bagaimana sistem Backlink yang benar, lupakan cara untuk membangun ribuan backlink jika Anda tidak mengetahui cara yang benar, salah-salah website Anda akan terkena pinalty oleh google atau mungkin Deindex oleh Search Engine.

SEO OFFPAGE yang sederhana : 
1. Gunakan Social Media. (Terutama Facebook, twitter, dan Google plus)
2. Buat blog gratisan (minimal 2 buah) yang membahas 1 topik yang sama, kemudian alirkan link menuju blog utama.
3. Gunakan jasa pencari backlink tambahan dari fiverr, dan alirkan backlink tersebut ke blog gratisan yang Anda miliki tadi.


No comments

Powered by Blogger.