Header Ads

Rahasia Orang Begadang Memiliki IQ Pintar

Rahasia Orang Begadang Memiliki IQ Pintar - Tidur sampai larut malam itu adalah satu hal yang umum dikerjakan oleh beberapa orang yang telah mulai mencapai dewasa. Ada beberapa hal yang dapat bikin seorang tidur sampai larut malam, diluar itu tidur sampai larut malam juga mempunyai efek untuk badan kita. Namun yang buat gue bingung, apakah tidur sampai larut malam punya pengaruh pada IQ atau kepintaran seorang? Sebagian waktu lalu gue pernah temukan website yang mengulas perihal hal itu (alamat situsnya gue sertakan dibawah juga sebagai rekomendasi menulis ini).

Gue juga bingung, memang sesungguhnya apa hubungan tidur sampai larut malam sama jadi pandai? Bila belajar hingga tidur sampai larut malam itu telah pastilah jadi pandai, tetapi sayangnya itu tidak mungkin saja. Soalnya gue belum pernah ketemu sama murid yang belajar hingga tidur sampai larut malam, terkecuali bila besoknya ulangan. Selalu, sesungguhnya apa argumen yang bikin orang yang sukai tidur sampai larut malam condong lebih pandai?

Oke jadi begini, menurut dari artikel yang gue baca, orang yang kerap tidur sampai larut malam (night owl) condong mempunyai IQ yang lebih tinggi dibanding orang yang tidurnya cepat (morning people). Mengapa? Lantaran waktu malam hari yang juga sebagai harusnya adalah saat untuk tidur, orang tidur sampai larut malam alami perubahan otak (evolve). Otak alami perubahan, lantaran waktu malam hari yang semestinya otak beristirahat, tetapi jadi memperoleh kerja penambahan dengan memikirkan sampai larut malam. Sesungguhnya tidur sampai larut malam yang bikin pandai itu bukanlah tidur sampai larut malam asal-asalan (nonton film, telponan sama pacar, bimbang, nongkrong malam dsb), tetapi tidur sampai larut malam untuk memikirkan (buat pekerjaan, buat projek, mencari inspirasi, introspeksi, berimajinasi dsb).

Hal semacam ini sesungguhnya sangatlah terkait dengan fenomena di zaman purba. Pada saat itu, belum ada yang namanya lampu, jadi manusia cuma tergantung pada sinar matahari. Maka dari itu saat malam hari manusia pergi tidur, sedang pagi-siang dipakai untuk berkegiatan. Tetapi, sesudah api diketemukan, kehidupan malam juga (tidur sampai larut malam) mulai nampak. Lantaran ada api, manusia memperoleh cukup sinar pada malam hari, hingga hal semacam itu memberi peluang pada manusia untuk berkegiatan pada malam hari. Akhirnya, saat berkegiatan yang umum dikerjakan cuma pada pagi-siang, saat ini dapat dikerjakan dari pagi-malam. Inilah yang mengakibatkan manusia berkembang atau evolve, semakin khusus pikirannya.

Seperti yang gue katakan pada awal mulanya, bila tidur sampai larut malam yang bikin pandai itu yaitu tidur sampai larut malam untuk memikirkan. Namun bila dipikir-pikir, memikirkan kan dapat dikerjakan kapan saja, mengapa mesti malam-malam? Jawabannya yaitu lantaran waktu malam suasananya tenang, jadi pas untuk lakukan aktivitas yang mengunakan otak atau memikirkan. Argumen yang lain yakni, lantaran waktu pagi-siang lebih pas untuk berkegiatan fisik, karena ada sinar matahari yang dapat berikan badan kita daya, sedang malam tidak ada matahari, jadi agak sulit untuk berkegiatan fisik.

Tersebut disini suatu riset yang dikerjakan oleh pakar psikologi dari The London School of Economics and Political Science, Satoshi Kanazawa, tentang jam tidur-bangun bisa punya pengaruh pada IQ seorang :
Rahasia Orang Begadang Memiliki IQ Pintar

ari data diatas menunjukkan bahwa night owl condong lebih pandai dibanding morning people.

Jadi waktunya gue menarik rangkuman, dari artikel yang gue baca serta ulas pada awal mulanya membetulkan bila orang yang sukai tidur sampai larut malam condong lebih pandai. Namun tidur sampai larut malam yang bikin pandai itu yaitu tidur sampai larut malam untuk memikirkan, bukanlah tidur sampai larut malam asal-asalan. Karenanya, perubahan otak seseorang night owl lebih cepat dibanding perubahan otak morning people. Tetapi sayangnya ada kurangnya, night owl condong lebih pasif dibanding morning people, itu dikarenakan oleh rutinitas begadangnya. Jadi kekurangan daya untuk beraktifitas.

No comments

Powered by Blogger.