Header Ads

8 Tips Memilih Tempat Asuransi Yang Berkualitas

8 Tips Memilih Tempat Asuransi Yang Berkualitas - Sekarang ini sudah banyak instansi keuangan berlabelkan syariah, baik itu bank syariah, asuransi syariah, pegadaian syariah ataupun instansi pembiayaan syariah. Hal itu mengisyaratkan bahwa instansi keuangan syariah memanglah diperlukan oleh orang-orang. Maraknya instansi keuangan syariah yaitu suatu hal yang lumrah, mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia yaitu muslim serta nilai-nilai universal yang ada pada ekonomi syariah seperti keadilan untuk nasabah bisa di terima oleh seluruhnya kelompok termasuk juga non-muslim

8 Tips Memilih Tempat Asuransi Yang Berkualitas

Dengan semakin banyak asuransi syariah yang berdiri, tentu pilihan (calon) nasabah jadi makin banyak, tidak cuma satu atau dua perusahaan yang tawarkan beragam jenis feature product, namun bahkan juga beberapa puluh perusahaan yang mempunyai product asuransi syariah.

Agar kita tak salah pilih asuransi syariah, tersebut sebagian panduan yang butuh kita cermati :

1. Tahu Kebutuhan

Pemegang atau konsumen asuransi mesti tahu asuransi apa sebagai keperluan. Keperluan bisa berbentuk Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan, Asuransi Pendidikan atau asuransi yang sekalian berperan untuk investasi (unitlink). Apabila Anda sangsi, mintalah pendapat saudara, rekanan, atau agen penjual asuransi yang Anda percayai.

2. Pilih Perusahaan Pengelola Asuransi Syariah

Kenali seberapa lama perusahaan itu sudah menggerakkan usaha asuransi syariah. Makin lama suatu perusahaan menekuni dalam usaha yang dijalaninya, tentu dapat melukiskan bagaimanakah keadaan perusahaan itu. Diluar itu juga bagaimanakah pengalaman perusahaan itu dalam pembayaran klaim pada nasabahnya, apa pernah perusahaan itu lupa dalam soal pembayaran klaim pada nasabahnya.

3. Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Seluruhnya instansi keuangan syariah termasuk juga asuransi syariah memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS beranggotakan beberapa orang yang mengerti ekonomi syariah. Kehadiran DPS bakal menanggung bahwa seluruhnya product asuransi dikelola dengan beberapa cara yang dihalalkan dengan cara syariah.

4. Kejelasan Akad Asuransi


Isi kesepakatan memegang fungsi utama menyangkut status premi polis asuransi. Apabila akadnya asuransi syariah, tak ada arti “dana hangus” untuk asuransi jiwa, hingga jika nasabah lantaran suatu hal hal tak perpanjang preminya, jadi semestinya dana premi yang telah disetor pada awal mulanya masih tetap ada, meskipun jumlahnya tak 100% lagi. Ini lantaran dana yang disetor nasabah sudah dikurangi biaya-biaya administrasi waktu mengatur polis asuransi.

5. Tekuni Ilustrasi yang Diberikan


Ilustrasi asuransi melukiskan perkiraan berapakah dana yang bakal didapat calon nasabah untuk saat akhir periode kesepakatan. Bila ilustrasi yang didapatkan sangatlah tak lumrah, contoh memberi keuntungan (untuk hasil) sangatlah jauh diatas untuk hasil bank syariah biasanya, kita janganlah segera tergiur, tetapi kita mesti menyikapinya dengan bijaksana. Cermati asumsi-asumsi yang tercantum di lembar ilustrasi.

6. Cocokkan Asuransi dengan Manfaatnya


Saat sebelum pilih program asuransi, baca dulu faedah serta feature program asuransi yang akan kita beli. Umpamanya, faedahnya cuma untuk kemungkinan wafat, jadi kita akan tidak memperoleh faedah saat kita cuma alami sakit atau luka-luka. Atau demikian sebaliknya, yang kita beli yaitu product asuransi kecelakaan saja, jadi kita akan tidak memperoleh faedah saat kita terserang penyakit spesifik.

7. Tarif Premi


Tarif premi yang cukup kompetitif (lumrah) dalam makna bukanlah murahan, dapat jadikan patokan dalam pilih perusahaan asuransi yang bakal kita tentukan, Tetapi ini bukanlah yang paling utama, lantaran mungkin saja dengan premi yang terlampau murah, perusahaan mau mengeruk dana sebesar-besarnya, sedang faedah asuransi yang didapatkan telah dipersempit. Contoh asuransi mobil cuma dengan rate 1, 00% belum pasti bakal cukup untuk tutup cost operasional perusahaan, terlebih untuk bayar klaim.

8. Pilih Agen Penjual


Pastikan agen penjual asuransi yang Anda percayai dapat memberi penjelasan product dengan cara benar serta komplit. Agen penjual yang profesional mempunyai nomer keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Mereka sudah lewat bagian ujian juga sebagai agen profesional serta tercatat dengan cara resmi. Hingga jika Anda nantinya hadapi permasalahan dengan polis Anda, kehadiran agen bisa di ketahui serta perusahaan asuransi turut bertanggungjawab. Ingat bahwa Anda beli product asuransi untuk periode panjang. Yakinkan service yang bakal Anda peroleh yaitu yang paling baik.

No comments

Powered by Blogger.