Header Ads

Belajar Membuat Film Pendek (Disain Multimedia SMK Kelas 10)

Belajar Membuat Film Pendek (Disain Multimedia SMK Kelas 10)-Sudah dua pertemuan saya mencoba merangsang siswa saya untuk "produksi". Ini terkait dengan mata diklat disain multimedia dengan sub bahasan disain produk multimedia. Pada sub ini siswa diharapkan mampu membuat disain produk multimedia, salah satunya membuat video profile. Berbekal referensi dari internet saya coba mengajak siswa untuk belajar membuat filem pendek. Dengan segala keterbatasan (pengetahuan dan properti lainnya) kami memaksa diri untuk bisa membuat film pendek tersebut.

Sebelumnya saya pernah memberi tugas kepada siswa untuk membuat film sangat pendek, waktu itu saya meminta siswa saya untuk membuat film dengan durasi satu menit. Dengan stimulus pengetahuan tentang penyusunan skenario, dan storyboard alakadarnya, akhirnya siswa saya mulai mengerjakan tugas tersebut. Dan setelah satu minggu, tugas tersebut selesai dikerjakan. Nanti film-film sederhana tugas siswa saya tersebut salah satunya bisa dilihat di chanel youtube ini.

Film-film tersebut juga ditayangkan pada pertemuan minggu berikutnya, dari hasil penayangan tersebut saya coba mengevaluasi setiap karya siswa saya tersebut, tentu yang saya koreksi lebih kepada penggunaan tools multimedianya seperti editing, sound, dan teknik pengambilan gambar, sedangkan untuk  bagus atau tidaknya cerita dalam film tersebut kami komentari bersama-sama.

Belajar Membuat Film Pendek (Disain Multimedia SMK Kelas 10)
Workshop pembuatan film pendek
Untuk tugas membuat film pendek yang kedua ini, dan setelah melihat hasil pembuatan film satu menit pada tugas pembuatan film pendek yang pertama, akhirnya untuk tugas yang kedua kami workshopkan terlebih dahulu. Mulai dari pembahasan skenario, karakter masing-masing pemeran dalam skenario, adegan, pemilihan pemeran, dan lain-lain.

Dalam workshop ini tentu muncul beragam kendala, yang dominan adalah ego masing-masing siswa, ini tentu menjadi PR buat mereka, jika ingin sukses dalam projek maka mereka harus mengecilkan egonya dan coba bekerja sama dan bekerja solid bersama tim, sesuai peran masing-masing yang sudah disepakati dalam workshop.

Referensi film pendek dari Internet
Untuk bahan evaluasi dan bekal pengerjaan proyek pembuatan film pendek, beberapa referensi dari internet bisa dijadikan bahan belajar. Beberapa file pembelajaran pembuatan film pendek berikut dapat dibaca ulang oleh siswa:
Sebenarnya ada banyak sekali referensi tentang pembuatan film pendek di internet, kita bisa memilihnya dari mulai yang pemula (biasanya sebagai bahan ajar SMK) atau sampai ke tingkat yang lebih profesional. Asal kita mau bersabar dan sedikit meluangkan waktu untuk mencari referensi pembuatan film pendek yang mudah dimengerti dan mudah cara mempraktikannya.

Perangkat dan software untuk membuat fil pendek
Untuk perangkat proyek membuat film pendek kepada siswa saya ini, menggunakan alat-alat seadanya saja yang bisa digunakan untuk produksi film pendek. Sebenarnya kami ingin menggunakan kamera profesional dan alat-alat syuting lainnya. Sayang sekolah belum memilikinya. Dan ini saya anggap bukan kendala, sebab masih banyak perangkat yang sering siswa bawa untuk dijadikan alat pendukung dalam proyek pembuatan film pendek ini. Bisa kamera digital, bisa kamera phone, atau jenis gadget lainnya.

Soal software, untuk yang ini tidak terlalu sulit, karena ada banyak sekali software gratisan untuk digunakan dalam pembuatan film pendek ini. Diantaranya software gratis untuk edit video, untuk memberi efek, cutting, dan software lainnya. Tentu yang dipakai adalah yang sudah dipelajari siswa, dan siswa mampu mengoperasikan tools-toolsnya.

Dan besok, hari senin saatnya saya mengetahui progress pekerjaan siswa saya. Pekerjaan apa saja yang sudah mereka kerjakan selama satu minggu untuk proyek film pendeknya. Kendala apa saja yang mereka temukan?

Bersambung...

No comments

Powered by Blogger.