Header Ads

Kalau Saya Membuat Toko Online, Produknya Apa ya?

Kalau Saya Membuat Toko Online, Produknya Apa ya? Belakangan saya kepikiran untuk membuat toko online, hal itu termotivasi oleh ibu-ibu yang sukses dengan toko onlinenya. Ada hal yang menarik dari banyak profil ibu-ibu muda pemilik toko online tersebut, pertama keberaniannya untuk membuka toko online sekalipun mereka tidak memiliki pengetahuan banyak tentang IT. Kedua mereka kreatif, dengan produk-produk yang sebenarnya ada banyak dipasaran tapi mereka modifikasi atau diberi sentuhan-sentuhan kreatif lainnya sehingga produk tersebut menarik perhatian pembeli di internet. Ketiga, mereka mampu melihat pasar, bahwa produk yang mereka jual di internet itu memang ada pasarnya. Begitulah beberapa motivasi yang coba saya "save" dalam memory jangka pendek saya saat ini.


Tentang produk
Saya rasa produk sama seperti tulisan dalam sebuah blog. Sebagai blogger siapapun tidak meragukan, bahwa konten adalah raja, semakin banya tulisan yang bermanfaat dan dibutuhkan orang lain maka semakin banyak pengunjung yang datang. Begitu juga dengan toko online, semakin banyak (baca: pilihan) produk yang kita tawarkan, terlebih produk tersebut unik dan dibutuhkan orang lain, tentunya akan berpeluang mendatangkan pembeli.

Belakangan saya kepikiran untuk jualan pakaian dalam. Alasannya sederhana, sebab untuk barang yang satu ini semua orang membutuhkannya, tapi tak sedikit orang yang malu-malu datang ke pasar dan membeli celana dalam mislannya. Lantaran itu, saya pikir -mungkin-ada orang yang lebih nyaman kalau berbelanja secara online saja. Tinggal pesan sesuai contoh, ukuran, warna dan seterusnya, dan barang diantar langsung ke rumah tanpa ada yang mengetahuinya itu adalah daleman.

Ya, begitulah sebagian kecil unek-unek yang ada di kepala saya tentang keinginan untuk membuka toko online. Dan berikutnya saya harus belajar mengetahui harga, kualitas barang, pemasok, ekspedisi dan durasi pengiriman, dan hal-hal teknis lainnya.




No comments

Powered by Blogger.