Header Ads

Masih Tentang Belajar Membuat Film Pendek

Masih Tentang Belajar Membuat Film Pendek
Pada beberapa posting terdahulu saya menulis tentang film pendek, bahkan sebelumnya saya juga menulis tentang teknik pengambilan gambar produksi. Menulis topik film bukan berarti saya orang film atau pernah belajar secara khusus di bidang perfilman. Tulisan-tulisan tersebut untuk arsip bahan mengajar saya saja yang di semester kali ini mendapat jadwal mengajar mata diklat disain multimedia. Sebagaimana mata diklat produktif lainnya, saya harus bisa mengarahkan siswa untuk mempu memproduksi karya dari materi pada mata diklat yang dipelajarinya. Ini tantangan serunya, karena dengan tuntutan tersebut saya juga jadi harus banyak belajar hal-hal yang berkaitan dengan produksi. Salah satunya film pendek. Bermodalkan referensi dari internet, dan dengan peralatan seadanya akhirnya saya "memaksa" siswa saya kelas 11 untuk membuat film pendek. Dan alhamdulillah film pendek tersebut berhasil di produksi, tentu dengan segala macam kekurangannya.

Masih Tentang Belajar Membuat Film Pendek
Hari senin yang lalu, sesuai jadwal mengajar saya di kelas 11, kami nonton bareng film hasil kerja keras siswa siswi saya tersebut. Kurang lebih 12 menit durasi keseluruhan film pendek tersebut, untuk beberapa adegan masih perlu di revisi, dan satu scene dengan scene berikutnya masih banyak yang belum nyambung, tapi secara keseluruhan saya harus mengangkat jempol untuk siswa saya tersebut.

Ini jadi pelajaran berharga sebenarnya, bahwa sebenarnya siswa itu memiliki potensi yang luar biasa dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing, buktinya pada proyek pembuatan film pendek tersebut mereka bisa menjalankan peran sesuai job nya masing-masing dengan baik. Berikutnya ini menjadi PR bagi guru, dan sekolah untuk memfasilitasi segala potensi siswa tersebut.

Setelah proyek film pendek ini saya anggap selesai. Kriteria selesai antara lain film sudah tidak adalagi revisi, sudah di arsipkan pada cakram disk lengkap dengan covernya, sudah di tonton bareng, sudah di publikasikan, dan syarat-syarat lainnya. Proyek berikutnya adalah membuat film dokumenter.

No comments

Powered by Blogger.