Header Ads

Tidak Mau Repot Mikirin Ide Menulis, Buatlah Blog Portal Berita

Tidak Mau Repot Mikirin Ide Menulis, Buatlah Blog Portal Berita
Membuat blog itu mudah, tinggal buat akun di blogger atau wordpress, beberapa menit juga bisa langsung selesai dan saat itu juga bisa langsung menerbitkan tulisan. Tapi ketika blog sudah jadi, dan ketika hendak menulis sesuatu tiba-tiba seperti kehilangan ide, alias bingung mau menulis apa. Ini yang sering terjadi, terlebih bagi yang jarang sekali menulis pasti untuk membuat satu judul tulisan pun akan terasa sangat sulit. Nah, saya sedikit berbagi tips, bukan tips menulis, melainkan konsep bloggingnya. Untuk mengatasi kebuntuan menulis tersebut kita bisa mensiasatinya dengan membuat blog portal berita. Kenapa blog portal berita?


Kenapa blog portal berita? Karena konsep bloggingnya, blog portal berita sebagaimana portal lainnya yang di utamakan adalah update informasi (berita) jadi dimana ada berita terkini kita bisa langsung menerbitkannya di blog kita. Mudah kan? Tidak juga, karena kita butuh sumber informasi, dan update berita lebih cepat.

Expiret sebuah informasi di portal berita online itu lebih cepat, pagi di terbitkan sore sudah kadaluarsa. Karenanya kita harus bekerja ekstra mencari informasi terbaru dan menerbitkanya di blog kita, terlebih untuk berita tertentu yang kadang mesti bersambung informasinya sampai tuntas seperti film seri.

Kembali kepada konsep awal, bahwa blog portal yang kita buat tak lain untuk mengatasi masalah ide menulis. Maka blog portal yang kita buat bukan layaknya portal online yang memiliki tim dan manajemn profesional, blog portal yang kita buat adalah blog portal personal, untuk itu kita perlu mensiasatinya bagaimana blog kita bisa menampilkan berita yang dibutuhkan banyak orang tetapi masa kadaluarsa dari informasi tersebut lama, sehingga kita tidak perlu terlalu bekerja keras untuk update berita setiap jam.

Tips membuat blog portal berita
  • Platform, kita gunakan yang gratisan saja, yaitu blogger. Selain gratis platform ini juga mudah untuk melakukan modifikasi tampilan (template) dan bisa custom domain lebih mudah.
  • Domain, agar terlihat profesional sebaiknya gunakan domain berbayar (.com, .net, .co, .biz, .info, .co.id ....dst) harganya cuma 95.000-an per tahun. Tapi kalau tidak mau repot urusan domain, kita gunakan default sub domain blogspot saja, dan saya pikir itu tidak masalah.
  • Tampilan, pilihlah template magazine dan kita bisa mendapatknya gratis di internet, atau kalau mengerti HTML bisa membuatnya sendiri, dan kalau tidak mau repot dan ingin tampilannya beda dari yang lainnya tinggal pesan di jasa pembuat template, harganya paling 300.000-an.
  • Sumber berita, sumber berita bisa dari mana saja termasuk dari portal online besar lainnya. Agar kita punya rujukan yang pasti ketika hendka update berita, maka buatlah lis sumber informasi tersebut. Catat nama-nama situs yang selalu menerbitkan informasi akurat.
  • Aplikasi pengedit gambar, agar tampilan gambar pendukung dalam berita lebih istimewa kita gunakan aplikasi pengedit gamar, misalnya photosop, atau aplikasi gratisan lainnya.
Tips diatas adalah tips standar ketika kita hendak membangun blog portal berita. Dan ini tips yang bisa kita gunakan ketika hendak membuat blog portal berita yang tidak terlalu memeras banyak keringat, tetapi hasilnya langsung ada (baca: pengunjungnya).
  • Tentukan topik utama, maksudnya nanti blog kita akan dominan menerbitkan berita apa saja? Pilihlah topik yang berdekatan dengan keseharian kita dan kita sukai, kalau anda Guru ya buatlah daftar topik yang selalu dibutuhkan guru di seluruh tanah air, misalnya topik bank soal, topik administrasi mengajar, topik sertifikasi guru, topik dapodik dan lain sebagainya. Contoh portal semacam ini adalah sekolahdasar.net
  • Buatlah daftar situs sumber referensi dari topik utama, misalnya topik blog portal kita seputar kegiatan guru maka beberapa referensi situs seperti kemdiknas, JPNN, sergur kemdiknas dan situs-situs pemerintah lainnya serta situs atau blog lainnya yang satu topik dengan blog portal yang kita buat.
  • Aplikasi pengedit gambar, kenapa saya selalu memasukan aplikasi pengedit gambar? Karena blog portal berita tidak menarik jika informasi-informasi yang ditampilkan tanpa di dukung gambar yang berkualitas bagus. Jadi, biar portalnya di buat di platform gratisan tetapi gambar yang disajikan tetap profesional.
  • Patuhi etika menerbitkan informasi, maksudnya kalau kita mengambil informasi dari situs tertentu atau blog orang lain maka kewajiban kita adalah menuliskan alamat situs dari informasi yang kita ambil tersebut, tentu dengan tautan balik ke situs tersebut.
  • Jangan menulis terlalu panjang, kalau saya paling 6 paragraf, bahkan ada yang cuma 3 paragraf tapi di dukung dengan gambar size besar yang sudah saya edit. Berita terlalu panjang akan membuat orang malas membacanya, yang penting substansi dari informasinya yang harus di perhatikan ketimbang basa-basinya.
Mencari rejeki lewat blog portal
Sama seperti blog lainnya, kita bisa mengais rejeki lewat blog portal. Caranya sama, yaitu mendapatkan fee dari pengiklan, PPC, CPM, atau program afiliasi lainnya. Yang membedakan menurut saya, blog portal lebih mudah mendapatkan pengunjung. Contoh kasus, saya membuat blog portal sederhana, dan tidak menunggu beberapa lama trafiknya sudah cukup bagus untuk di monetize. Dan lewat program periklanan infolinks, blog tersebut sudah bisa menghasilkan $1,5 - $5 per harinya. Walau bukan nominal yang besar tapi kalau di akumulasi sebulan hasilnya lumayan juga, apalagi kalau blog portalnya bukan cuma satu.

Itu contoh kecil saja, sebab kalau kita baca berapa pendapatan portal online Indonesia ternyata hasilnya cukup menggoda. Contohnya detik.Com, portal berita online ini konon pendapatannya mencapai ratusan milyar pertahun.

Topik istimewa: Tidak Mau Repot Mikirin Ide Menulis, Buatlah Blog Portal Berita

No comments

Powered by Blogger.