Header Ads

Menggunakan TIK Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013

Menggunakan TIK Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013
Pada kurikulum 2013 nanti guru wajib melek TIK, sebab proses pembelajaran semua mata pelajaran terintegrasi dengan TIK. Untuk itu mulai dari sekarang guru sudah semestinya mempersiapkan kemampuan dan pengetahuan TIK-nya. Ada banyak cara untuk meningkatkan kemampuan guru dalam bidang TIK, khususnya TIK untuk pembuatan media pembelajaran. Mulai berkonsultasi dengan guru TIK, browsing tutorial pembuatan media pembelajaran, membeli buku pembuatan media pembelajaran, kursus, ikut semester pendek, seminar, dan workshop. Dalam tulisan ini saya coba berbagi tips sederhana bagaimana guru bisa memanfaatkan aplikasi tertentu untuk mendisain media pembelajaran.

Untuk mempermudah membaca dan fokus terhadap pembahasan, saya mencoba memodulkan tulisan ini menjadi beberapa modul (sub bahasan):

1. Mengenal dan Menggunakan Perangkat TIK (Hardware dan Software)
2. Menggunakan Tools Microsoft PowerPoint
3. Menggunakan Tools Lectora
4. Menggunakan Tools Edmoodo
5. Menggunakan Tools Software Video Editing
6. Menggunakan Tools Flash
7. Menggunakan Tools Internet
8. Mengenal dan Menggunakan Software pendukung
9. Belajar Membuat blog dan web sendiri menggunakan CMS
10. Dan beberapa modul tutorial aplikasi lainnya

Modul-modul tersebut akan saya publish via blog ini, agar para guru yang belum mengenal pemanfaatan ICT atau pemanfaatan tool dan aplikasi tertentu untuk pembuatan media pembelajaran bisa membacanya secara online.

Untuk modul Menggunakan TIK Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 ini, silahkan baca pada link ini: Menggunakan perangkat TIK (hardware dan software)

No comments

Powered by Blogger.