Header Ads

Membuat dan Menjual Produk Media Pembelajaran Sederhana

Membuat dan Menjual Produk Media Pembelajaran Sederhana 
Untuk menambah pasokan logistik dapur rumah tangga, guru tidak perlu melulu berharaf pada tunjangan dari pemerintah semisal tunjangan sertifikasi guru, tunjangan fungsional, kespeg, dan jenis tunjangan lainnya. Tapi guru bisa membuat produk sendiri dan memasarkannya. Produk apa yang bisa kita buat dan bagaimana memasarkannya? Produk tersebut tak jauh-jauh dari keseharian guru, dan begitupun cara memasarkan produk tersebut tak jauh-jauh pula dari ruang lingkup guru. Media pembelajaran, itulah produk yang ingin saya tulis kali ini. Bagaimana cara  membuatnya? Bagaimana cara menjualnya?

Cara membuat media pembelajaran
Bagi rekan guru yang menguasai skil programming, ini lebih memudahkan. Tapi lupakanlah programming, sebab tidak semua guru memiliki kemampuan dibidang itu. Yang akan saya share kali ini adalah bagaimana membuat media pembelajaran dengan software aplikasi yang sudah sangat familiar dengan kita, yaitu Microsoft PowerPoint.

Microsoft PowerPoint selain sudah ada satu paket dalam produk Office Microsoft, juga familiar, dan mudah digunakan. Untuk membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Microsoft PowerPoint langkahnya tidak terlalu sulit. Yang penting rekan tahu ini:

1. Cara mengoperasikan Microsoft Powerpoint, diantaranya:
  • Cara menggunakan tool Microsoft PowerPoint (terutama tool Custom Animations)
  • Cara membuat slide master
  • Cara membuat membuat template slide dengan photosop
  • Cara membuat command button buat menu utama
  • Cara menyisipkan audio dan video 
  • Cara package slide sampai kepada proses burning
2.  Cara menyiapkan materi yang akan dibuat dalam media pembelajaran, diantaranya:
  • Mengumpukan bahan (teks, audio, video, silabus, rpp, dan lainnya), bahan-bahan tersebut bisa diperoleh dari buku atau internet.
  • Membuat story board, atau paling tidak konsep media pembelajaran yang akan dibuat
Dalam pembuatan media tersebut, akan lebih mudah jika sesuai dengan materi pelajaran yang dikuasai dan diampu oleh kita. Misalnya kita mengajar matematika, maka akan lebih mudah membuat media pembelajaran mata pelajaran matematika tersebut.

Untuk yang belum pernah belajar membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Microsoft PowerPoint bisa belajar outodidak melalui tutorial di internet. Dan saya telah membuat ebook tutorial membuat media pembelajaran menggunakan microsoft powerpoint, lewat ebook tersebut rekan guru bisa belajar step by step tanpa harus kursus atau mengikuti pelatihan/workshop. Lihat ini: http://goo.gl/WH8O4q

Cara menjual media pembelajaran
Untuk menjual produk media pembelajaran tentu kita harus tahu target marketnya, yaitu sekolah-sekolah. Untuk memasarkannya dengan cara mendatangi langsung sekolah atau promosi via internet.
  • Mendatangi Sekolah dan menawarkan produk. Dengan mendatangi langsung Sekolah ada banyak keuntungan diantaranya kita bisa melakukan promosi verbal dan langsung melakukan simulasi dari produk yang kita tawarkan, selain itu kita juga bisa membangun silaturahim. Cuma kendalanya adalah waktu. Sebagai Guru tentu waktu untuk melakukan promosi dengan cara datang langsung ke sekolah-sekolah tentu akan sulit. Cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan kerjasama dengan organisasi keguruan, misalnya PGRI, KKKS, atau UPT.
  • Promosi Via Internet. Ini lebih memudahkan guru dalam memasarkan produk media pembelajaran. Caranya buat blog, atau fan page di facebook. Atau menggunakan sales letter via email dengan terlebih dahulu mengumpulkan email sekolah-sekolah dan menyimpannya dalam database email sales letter kita. 
Demikian artikel insfirasi ini, semoga dapat membangun semangat enterpreuner dan kreatifitas bisnis rekan guru semuanya (#artikel ini diilhami oleh rekan saya ketika promosi PSB ke berbagai sekolah). Baca tulisan insfirasi bisnis untuk guru lainnya yang saya kumpulkan dalam kategori Tips Mencari Penghasilan dari Internet.


No comments

Powered by Blogger.