Header Ads

Ikut Program Afiliasi Juga Bisa Menambah Penghasilan Guru

Ikut Program Afiliasi Juga Bisa Menambah Penghasilan Guru
Beberapa waktu yang lalu saya menulis tentang membuat dan menjual media pembelajaran sederhana, tulisan tersebut berisi bagaimana cara membuat media pembelajaran lalu menjualnya sebagai cara guru untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dan kali ini saya tertarik untuk menulis tentang program afiliasi yang bisa kita ikuti di internet. Dengan ikut program afiliasi kita bisa mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk orang lain. Seperti apa program afiliasi itu? Program afiliasi apa yang bisa kita ikuti?

Tulisan ini akan saya bagi menjadi beberapa sub topik untuk memudahkan rekan guru mempelajarinya;

a). Pengertian afiliasi
b). Jenis afiliasi
c). Program afiliasi yang bisa kita ikuti
d). Program afiliasi yang saya ikuti

Pengertian Afiliasi
Afiliasi atau dalam bahasa inggris affiliation adalah bentuk kerjasama antara dua lembaga yang masing-masing berdiri sendiri.  Secara singkat, afiliasi juga bisa diartikan “anggota” atau “cabang”. Tapi dalam bisnis online kata afiliasi memiliki penambahan makna, afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant), dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers), dan (hanya) dibayar setelah produk terjual”.

Sistem kerja seseorang yang ikut program afiliasi bisa diilustrasikan seperti ini;
Misalnya suatu waktu rekan guru mau menjual sepeda motor, kemudian salah seorang teman rekan guru membantu mencarikan pembelinya. Jika teman rekan guru berhasil mendapatkan pembeli dan terjadi transaksi, maka sudah lazim teman rekan guru tersebut diberi komisi.

Nah, seperti itulah sistem kerja afiliasi. Kita mendapatkan komisi dari hasil menjualkan produk orang lain. Di internet ada banyak sekali program semacam itu. Ada beberapa keuntungan dari ikut program afiliasi, diantaranya kita tidak perlu menguasai skil tertentu misalnya membuat web atau lainnya, selain itu kita kita terhindar dari resiko kerugian sebab kita tidak membuat produk barang.
Jenis Afiliasi
Ada banyak jenis afiliasi yang bisa kita temukan dengan mudah di internet, diantaranya:

1. Recurring
Dengan mengikuti jenis afiliasi jenis ini kita akan mendapat komisi secara berkala dari merchant (pemilik produk). Karena kita menjadi anggota dan berhasil membawa orang untuk membeli produk merchant. Kelebihan dari afiliasi jenis recurring kita akan mendapat komisi terus menerus secara berkala selama pembeli tetap menggunakan produk yang dibeli dari produk merchant tadi.

2. Pay per Sale
Berbeda dengan recurring, pada jenis afiliasi ini kita hanya akan mendapat komisi setelah berhasil menjual produk merchant.

3. Pay per Search
Cara kerja jenis afiliasi ini adalah dengan menempatkan kotak pencarian di blog kita, dan ketika ada pengunjung yang melakukan pencarian lewat kotak pencarian tersebut maka kita akan mendapat komisi.

4. Pay per Lead
Cara kerja dari bisnis afiliasi ini adalah dengan membawa calon pembeli ke website produk merchant.

5. Pay per Click
Dengan mengikuti afiliasi ini kita hanya cukup memasang iklan. Dan jika ada pengunjung yang meng-klik iklan produk merchant tersebut maka kita akan mendapat komisi.

6. Hybrid Afiliasi
Kita hanya perlu memasang banner merchant, dan kita akan mendapat komisi dari setiap pengunjung yang mengklik banner produk merchant tersebut.


Program Afiliasi yang bisa kita ikuti
Dari beberapa jenis afiliasi diatas, berikutnya jenis afiliasi mana yang bisa kita ikuti?

Semua program afiliasi bisa kita ikuti, tapi kita bisa memilihnya sesuai keinginan kita, tentu dengan harapan program afiliasi yang kita ikuti tersebut bisa memberi keuntungan maksimal.

Semua jenis afiliasi yang saya tulis diatas sistem kerjanya berbasis internet, jadi modal utamanya adalah web atau blog. Melalui web atau blog yang kita miliki, kita bisa memasang jenis iklan atau banner dari produk afiliasi yang kita ikuti. Selain memasang iklan, kita juga bisa mengajak pengunjung untuk bergabung atau membeli produk merchant tersebut. Untuk hal teknis ini biasanya kita memerlukan sebuah mini site.

Tapi lupakan web khusus tersebut, sebab saya hanya ingin berbagi sesuatu yang mudah dilakukan oleh rekan guru semuanya. Untuk rekan guru akan lebih mudah untuk mengikuti jenis afiliasi pay per sale, pay per click, dan hybrid afiliasi.

Ada banyak sekali situs yang menyediakan program afiliasi yang bisa kita ikuti. Untuk info mengenai situs-situs tersebut, rekan guru bisa membacanya di Google Book ini (234 situs web penghasil dollar) atau bisa search di Google.

Jenis Afiliasi yang Saya ikuti
Sampai saat ini saya masih lebih suka dengan jenis pay per click, dan hybrid. Karena dari dua jenis afiliasi inilah saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Dau program afiliasi yang saya ikuti antara lain chitika, infolink, dan kliksaya. Dulu sempat jadi penayang untuk Google Adsense tapi saya kena banned. Dan saat ini sedang mencoba ikut jenis pay per sale untuk penjualan template dan merchan lainnya.

Penting!
Saya ingin mengatakan hal terpenting untuk keberhasilan mengikuti program afiliasi ini tak lain dari kehebatan promosi kita. Semakin sering promosi maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari komisi merchant.

Promosi tersebut bisa kita lakukan lewat blog kita. Dan seberapa banyak pengunjung blog ikut menentukan keberhasilan kita dalam mendapatkan banyak komisi. Untuk itu, sebelum ikut program afiliasi apapun buatlah blog yang ramai pengunjungnya. Bagaimana meningkatkan trafik? Rekan guru bisa membaca tulisan-tulisan saya seputar trafik di blog ini, diantaranya; tips meningkatkan trafik pengunjung blog.

Tulisan ini juga terkait dengan tips meningkatkan trafik:
Bagaimana blog saya bisa mendaptkan 30 ribu pengunjung tiap hari?
Tips mendatangkan pengunjung blog secara organik

Tulisan lainnya seputar tips mencari penghasilan tambahan melalui internet yang bisa rekan guru lakukan dapat dibaca di blog ini dengan kategori:
Tips mencari penghasilan di internet, dan kategori Catatan Blogger.

No comments

Powered by Blogger.