Header Ads

Guru, Bisa Menjalankan Bisnis Pembuatan Website

Guru, Bisa Menjalankan Bisnis Pembuatan Website
Era internet memudahkan siapapun untuk membangun bisnisnya sendiri, termasuk Guru. Sebagai pendidik dengan rutinitas mengajarnya di Sekolah, ternyata masih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis lain untuk menambah pasokan logistik dapur rumahtangganya. Salah satunya dengan menjalankan bisnis pembuatan website. Pertanyaanya, tidak semua guru bisa membuat website? Mari kita buka tips-tips sederhana untuk memulai bisnis ini...

Sebagai alumni mahasiswa sistem informasi, tentu saya mempunyai pengalaman belajar untuk bidang software, yang mana bidang ini salah satu produknya adalah web depelovment. Ini tentu menguntungkan saya ketika hendak memulai bisnis ini, tetapi belakangan saya mulai melihat celah tentang bisnis pembuatan website yang juga bisa dilakukan oleh Guru bukan latar belakang pendidikan komputer sekalipun.

Seperti apa celah itu?
Coba kita cek di mesin pencari menggunakan kata kunci "jasa pembuatan web" atau kalau mau lebih spesifik "jasa pembuatan web sekolah". Maka akan tampi ratusan link web atau blog yang menawarkan jasa tersebut.

Kalau kita ingin terjun di bisnis tersebt, tentu kita akan mengatakan "ini adalah saingan". Tetapi kalau kita melihatnya dengan kacamata bisnisnya, ini "adalah celah" untuk menciptakan peluang bisnis baru bagi kita.

Untuk menjalankan jasa pembuatan web kita tidak mesti bisa membuat web!
Bagaimana caranya?

Kita bisa memanfaatkan situs yang menyediakan jasa pembuatan web yang bisa kita peroleh dengan mudah dari internet tersebut sebagai toko grosir. Dan kita posisikan diri sebagai pengecer. Maksudnya, kita bisa berbelanja web dari toko grosir tersebut dan mengecernya kembali ke orang yang ingin membeli web.

Misalnya dari toko grosir kita membeli web seharga 2 jutaan, maka kita bisa menjualnya kembali ke orang lain seharga 2 juta lebih. Sekalipun untungnya tidak terlalu besar, tetapi kita mempunyai keuntungan banyak waktu untuk menjual lebih banyak web ke orang lain dibanding jika kita menjadi web developmentnya.

Sederhana kan caranya? Sangat sederhana, yang kita butuhkan adalah ketrampilan "menjual" dan "meyakinkan" orang lain dengan produk website yang kita tawarkan.

Tentu sebagai penjual, kita mesti tahu dulu produk yang akan dijual, ini tantangannya. Kita harus membaca fitur web, jenis web, keunutngan dan kelebihan dari setiap produk yang kita tawarkan. Dan ini semua bisa dibaca di internet.

Bagaimana cara mendapatkan pembeli?
Dalam menjual produk, kesempatan mendapatkan pembeli merupakan pekerjan yang harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Termasuk dalam bisnis yang kita bicarakan ini. Untuk itu beberapa tips dibawah ini merupakan cara untuk mendapatkan pembeli (klien).
  • Lakukan promosi. Promosi bisa dilakukan secara offline atau online. Secara offline bisa dilakukan dengan cara membagi-bagikan brosur, memasang banner, memasang iklan baris, atau datang langsung ke calon pembeli dan kita bicara banyak hal untuk meyakinkan mereka. 
  • Kalau secara online, bisa dengan membuat website promosi, membuat banyak blog promosi, memasang iklan baris, promos di situs Google Addword, melalui sosial media, forum, dan lain sebagainya. 
Nah, demikian cara atau tips sederhana bagaimana Guru bisa menjalankan bisnis pembuatan website tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat, dan bisa dicoba.
Selamat mencoba!

No comments

Powered by Blogger.