Header Ads

Tips Blogging Untuk Guru

Tips Blogging Untuk Guru
Bagi rekan Guru yang tertarik untuk membuat sebuah blog pribadinya, bisa membaca beberapa tips ngeblog yang akan saya tulis dibawah ini. Beberapa tips ini meliputi konsep topik, konsep disain, pemilihan template, dan beberapa tips lainnya. Silahkan simak tips-tips tersebut...


#Topik apa?
Sebelum membuat blog, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu mengenai topik apa yang nantinya akan menjadi bahasan dominan dalam keseluruhan konten blog. Topik ini nantinya akan menjadi ciri khas blog. Pemilihan topik bisa disesuaikan dengan minat atau bidang keilmuan yang dikuasai rekan guru, atau mata pelajaran yang dipegang guru. Mislanya rekan guru mengajar matematika, maka rencanakan topik dalam blog yang akan dibuat adalah mengenai hal-hal yang berhubungan dengan matematika. Kalaupun nantinya ingin menulis tentang hal lainnya, usahakan porsinya tidak lebih dari 30 persen dari topik utama blog.

#Konsep Disain
Konsep disain ini meliputi layout, dan tampilan blog. Layout misalnya, apakah blog yang akan kita buat nantinya terdiri dari 3 kolom, 2 kolom atau hanya 1 kolom? Apakah sidebar akan diletakan disebelah kanan, atau kiri, atau kiri dan kanan? Widget yang digunakan apa saja? Page nya apa saja? Warna dominan dan sebagianya.

Konsep Disain ini idealnya matching dengan #Topik blog. Kalau topik blognya tentang matematika, usahakan #Konsep Disainnya juga mengarah ke topik tersebut. Minimal ada pernak-pernik matematikannya. Sebenarnya tidak mesti demikian, kadang banyak blogger yang lebih memilih konsep disain simple (termasuk saya), ini lebih kepada selera tentnunya. Tapi, kalau mau matching usahakan disain dan topik harus selaras.

#Platform Blog
Setelah menentukan konsep disain yang selaras dengan topik dan selera, berikutnya pilih platform blog yang akan digunakan. Apakah mau menggunakan Wordpress, atau Blogger. Atau mau merancang sendiri menggunakan pemrograman tertentu?

Kalau mau yang lebih pleksibel pilih platform blogger, tapi kalau mau yang "pure" blogging tanpa mau dipusingkan dengan pernik-pernik widget lainnya pilihlah Wordpress. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tapi yang lebih penting keduanya gratis.

Untuk blogger lebih mudah dimodifikasi, bisa melakukan pengalihan sub domain ke domain sendiri dengan lebih mudah. Sedangkan di Wordpress sedikit susah. Kecuali kita menggunakan Wordpress dengan hosting mandiri, ini lebih memudahkan. Tapi, tidak semua rekan guru bisa melakukan proses instalasi Wordpress, mengerti hosting (kalau mau belajar, baca tulisan saya tentang Proses Instalasi Wordpress di Localhost). Maka untuk pemula, lebih baik memilih blogger saja.

#Pemilihan Template
Template yang baik harus sesuai dengan topik dan konsep disain. Tapi tidak semua rekan guru mempunyai kemampuan untuk membuat template sendiri, atau minimal memodifikasi default template blogger misalnya. Untuk keperluan ini kita bisa mendapatkannya dari banyak situs penyedia template blog gratisan, atau kalau mau yang lebih personal bisa membelinya.

Dan ingat, pemilihan template juga mesti matching dengan topik blog dan konsep disain yang sudah direncanakan sebelumnya. Di beberapa situs penyedia template blog gratisan, kita bisa memilah-milah template yang sesuai dengan topik serta konsep disain tadi. Kejelian dan feel akan menentukan template yang pas, kalau tidak tahu, bisa bertanya kepada rekan blogger guru lainnya yang sudah pengalaman.

Untuk referensi situs penyedia template, saya pernah mengarsipkannya:
10 Situs terbaik penyedia template
Situs penyedia template simple bagus
http://www.mytemplatez.com/
http://leelou-blogs.com/
http://thecutestblogontheblock.com/


Demikian beberapa tips blogging untuk guru ini, mudah-mudahan bermanfaat, terutama buat rekan guru yang berencana membuat sebuah blog pribadinya. Jika merasa kesulitan dalam pembuatan blog atau website, atau ingin membuat blog yang spesial, bisa menghubungi saya via e-mail atau kontak langsung. Alamat dan kontak saya bisa lihat halaman About Me.

No comments

Powered by Blogger.