Header Ads

Blog,Trafik, Iklan, dan Duit

Blog,Trafik, Iklan, dan Duit
Banyak siswa saya yang nanya, pak gimana sih biar blog saya bisa ada iklannya? Mereka terobsesi dengan apa yang di ceritakan salah seorang guru, yang tak lain teman saya. Teman saya tersebut, mungkin pernah menceritakan bahwa dari blognya beliau bisa mendapatkan duit. Duit tersebut adalah hasil dari iklan-iklan yang ada di blognya. Yang namanya anak sekolah (SMP), diceritakan pengalaman seprti itu pastinya akan sangat terobsesi, terlebih mereka juga sudah bisa membuat blog sendiri. Trus, apa jawaban saya?

Saya paling cuma ketawa, dan menjawab sekenanya saja. Ya, memang seperti itulah, ngeblog itu bisa menghasilkan. Tapi saya selalu mengatakan, jangan ngeblog lantaran pengen dapat duit doang. Tapi ngeblog-lah lantaran hobi. Maksud saya, hobi menulis, hobi tentang sesuatu dan menuliskannya lewat blog.

Takutnya, kalau ngeblog lantaran cuma pengen dapat duit, malah meninggikan asa dan obsesi. Apa jadinya kalau ternyata setelah berlama-lama ngeblog ternyata tidak juga mendapatkan sepeserpun duit. Wah....bisa prustasi.

# Blog
Blog merupakan media publikasi paling murah saat ini, siapapun bisa membuat dan menerbitkan tulisannya sendiri. Banyak penulis buku yang dimulai dari aktivitas menulis blog. Banyak pula yang tiba-tiba jadi selebritis yang hoki-nya dimulai dari blog. Lantaran itu, syah-syah saja kalau banyak pula yang membuat blog lantaran termotivasi untuk mendapatkan ini dan itu, ingin jadi ini dan itu.

Membuat blog memang harus dengan visi, agar aktivitas blognya tidak salah kaprah dan ngawur. Misalkan, niat ngeblognya untuk mendapatkan penghasilan. Maka, mulailah blogging yang menjurus ke hal-hal yang bisa mendatangkan penghasilan dari aktivitas bloggingnya. Tentu, penghasilan tersebut ada asbabnya, tidak tiba-tiba. Bisa dari penjualan produk, bisa pula dari iklan. Kalau penghasilan yang kita harapakan nantinya dari penjualan produk, maka mulailah membuat produk dan kuasai teknis pemasarannya. Tapi kalau mau main di iklan, maka cari tahulah tentang informasi yang berhubungan dengan program periklanan tersebut.

Artikel ini bermanfaat, jika visi ngeblog anda ingin mendapatkan duit:
Tips mendapatkan penghasilan dari blog graitsan
Menjual produk sendiri lewat blog
8 Cara mendapatkan uang dari blog

# Trafik
Jangan abaikan trafik. Nge-blog gak asyik kalau trafiknya nihil. Trafik bisa menggambarkan lalu lintas pengunjung blog kita. Dan blog yang memiliki trafik tinggi lah yang memiliki peluang besar untuk menjadikan blognya sebagai mesin uang.

Dari trafik tersebut kemungkinan pembeli produk kita datang. Dari trafik tersebut klik iklan diperoleh untuk ditukar denga recehan dollar yang akan kita kumpulkan untuk dicairkan diakhir bulan.

Artikel ini berhubungan dengan trafik:
Bagaimana Blog saya bisa mendapatkan 30 ribu pengunjung setiap hari?
Tips mendatangkan pengunjung blog secara organik

# Iklan
Membicarakan iklan bukan berarti melulu membahasa program periklanan seperti Adsense, infolink, chitika dan sebagainya. Tapi iklan pada umumnya. Yaitu bentuk promosi suatu produk dalam bentuk banner atau teks yang dipajang di bilah blog kita. Misalnya, kita punya produk yang mau dijual secara online. Maka buatlah iklan dan pasang di blog kita yang trafiknya tinggi tersebut. Lewat iklan-iklan seperti inilah orang bisa tertarik dengan produk yang kita jual.

Bagaimana dengan program periklanan? Untuk yang ini, cukup "melamar" saja ke berbagai program periklanan, siapa tau beruntung di aprove dan kita dapat kesempatan untuk menayangkan iklannya di blog kita. Ada banyak program periklanan yang bisa kita pilih, diantaranya:
# Duit
Percayalah, rejeki itu sudah ada yang ngatur. Soal mendapatkan duit lewat blog, itu cuma perantara saja, alias ikhtiar.  Nyari duit bisa darimana saja, bentuk dan caranya juga terserah saja yang penting ujungnya dapat duit. Nah, kalau judulnya mau cari duit lewat blog, ya bekerja keraslah untuk mengerjakan banyak hal. Seperti kudu rajin menulis artikel, rajin membuat produk, rajin mendatangkan pengunjung, rajin membuat banyak blog, dan pekerjaan lainnya yang semuanya tidak bisa dilakukan hanya dengan santai-santai saja.

Jadi, kalau mau dapat duit dari aktivitas blogging? Ya, bekerja keraslah untuk mendapatkannya...

Baca tips-tips lainnya melalui tag ini: Tips mencari penghasilan lewat internet

No comments

Powered by Blogger.