Header Ads

Tips Menjaga Keamanan Blog (Basic)

sumber image: kaskus
Tips Menjaga Keamanan Blog (Basic)|Akun blog untuk sebagian orang tidak terlalu penting, karena mereka anggap cuma blog tak berarti yang kalau ada apa-apa tinggal buat lagi gratis. Tapi untuk orang-orang yang cinta mati sama blognya, apalagi blog dengan trafik bagus dan niche pasti akan selalu hati-hati. Ya takut diintip passwordnya, takut di dummy, takut di copy scriptnya dan lainya.

Untuk hal tersebut banyak rekan blogger yang menjaga blognya dengan script-script security. Bukan security sebenarnya,  tapi lebih kepada meminimalisir saja. Sebab script security yang dibuat rekan blogger biasanya mudah pula diketemukan "anti"nya. Misal, script untuk mematikan klik kanan, antinya tinggal matikan javascriptnya. Dan seterusnya. Tapi berjaga itu lebih baik.



Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan keamananya:

1. Copy posting
Walau tujuan blogging untuk berbagi, tapi kadang sebal juga kalau tulisan kita nemplok disana sini (padahal untuk menulisnya kita perlu duduk berjam-jam) tanpa ada kredit backlink yang buntutnya google akan mempenalti salah satu blog yang memuat artikel dari blog kita. Mending yang di penalti blog tetangga, kalau yang dipenalti blog kita, bukankah itu sangat menyebalkan duakali. heheh..

Untuk meminimalisir copy posting sembarangan, coba gunakan script anti copy. Ada banyak sih, seperti mematikan klik kanan, copy blank, atau lainya. Memang selalu ada jalan untuk bisa membobolnya, tapi lumayan buat meminimalisir kuantitas bad copy posting.

2. Copy Image
Gambar juga perlu di security, terutama bagi para disainer dan photografer. Sama halnya dengan copy posting, kita bisa meminimalisir bad copy image blog kita dengan script anti copy image.

4. Import Blog
Dalam seting jeroan blogger atau wordpress ada fasilitas untuk mengimpor blog. Darisana kita bisa memindahkan konten blog yang ingin kita impor 100%. Hal ini kadang dimanfaatkan oleh blogger malas atau blogger iseng bin jail yang ingin menghancurkan kredibilats blogger orang lain.

Untuk mencegah hal tersebut kita bisa meminimalisirnya dengan security rssfeed blog kita, karena proses impor dilakukan melalui rssfeed.

5. CTRL+U
Kegiatan intip mengintip script kadang dilakukan lewat shortcut CTRL+U. Lewat langkah sederhana ini kita bisa mengintip script blog orang lain, dan bisa mengetahui script apa saja yang mereka gunakan termasuk meta tag dan optimasi blog apa saja yang mereka gunakan. Hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh blogger tukang intip dan tentu kalau wajar-wajar saja tidak masalah, tapi kalau sudah mulai menyusup dan membajak itu menjadi masalah serius.

Untuk mencegahnya, kita juga bisa gunakan script untuk mengalihkan alamat blog ketika seseorang menekan tombol CTRL+U, atau kita bisa mematikan shortcut tersebut.

Dan masih banyak lagi celah yang harus kita amankan sebenarnya seperti komentar spam, pencurian akun, penghapusan blog lewat pelaporan dan lainya. Tapi kita akan membicarakanya lain waktu. Ada yang punya saran atau berbagi pengalaman? Silahkan share disin!

No comments

Powered by Blogger.