Header Ads

Mengajar TIK Jadi Lebih Mudah Dengan Menggunakan Modul

Mengajar TIK Jadi Lebih Mudah Dengan Menggunakan Modul| Menjadi guru TIK itu sebenarnya mudah asalkan fasilitasnya lengkap, seperti lab. komputer yang sudah dilengkapi dengan sarana-sarana lain seperti internet, proyektor, sound, dan software-software pendukung pembelajaran TIK. Tetapi fasilitas lengkap belum tentu memudahkan guru, kadang guru kebingungan untuk memberikan materi terlebih yang diajar adalah siswa sekolah dasar. Bingung bukan karena tidak bisa mengajarnya, tapi bingung mengenai materi apa yang akan diberikan? Silabus memang menjadi panduan yang jelas, tetapi kondisi sekolah kadang memaksa guru untuk meninggalkan silabus tersebut karena ada ketidak sesuaian antara materi dalam silabus dengan kondisi siswa, kondisi sekolah dan tuntutan lingkungan sekitar. Karenanya dalam pembelajaran TIK tersebut saya memilih membuat sendiri modul daripada menggunakan buku-buku TIK dari penerbit terkenal yang materinya belum tentu sesuai dengan apa yang saya sebutkan tadi.


Dan setelah lima tahun mengajar TIK di sekolah dasar, tiga tahun belakangan saya menggunakan modul TIK yang saya buat sendiri tersebut, hasilnya alhamdulillah memuaskan. Dengan modul TIK tersebut siswa bisa belajar mandiri tanpa guru sekalipun, tanpa harus berada di sekolah sekalipun. Artinya siswa bisa belajar step by step materi yang saya buat terstruktur lengkap dengan petunjuk yang memudahkan siswa saya. Peran guru saat KBM hanyalah sebagai fasilitator, dan menjadi solusi terakhir ketika siswa benar-benar kurang memahami apa yang dijelaskan dalam modul.

Satu tahun yang lalu modul TIK tersebut saya tawarkan ke pembaca blog saya, dan alhamdulillah ternyata banyak juga yang berminat. Kebanyakan datang dari rekan-rekan guru TIK yang mengajar di sekolah-sekolah swasta, SDIT dan MIN di tanah air. Ini sebuah bukti bahwa modul yang saya buat memang bisa dijadikan media alternatif selain buku-buku TIK dari penerbit terkenal. So, Mengajar TIK Jadi Lebih Mudah Dengan Menggunakan Modul .



Panduan mengajar TIK untuk SD

No comments

Powered by Blogger.