Header Ads

Asap Rokok Picu Penyakit Serius


Informasi Kesehatan - Baik perokok pasif ataupun aktif, semua berisiko mengalami masalah kesehatan yang serius. Bahkan, sebagian besar penyakit serius dan kematian dini pada anak-anak dan orang dewasa yang tidak merokok disebabkan oleh asap rokok, sebagai akibat dari merokok pasif. Berikut adalah beberapa penyakit serius yang disebabkan oleh paparan asap rokok ataupun kebiasaan merokok, seperti dilansir Boldsky.

1. Kanker 
Merokok adalah penyebab utama dari munculnya berbagai jenis kanker yang dapat menyebabkan kematian dini. Kanker paru-paru, mulut, tenggorokan dan kerongkongan disebabkan oleh karsinogen atau agen penyebab kanker yang hadir dalam rokok. Merokok juga menyebabkan hampir 90 persen kasus kanker paru-paru. Tak hanya itu, rokok juga menyebabkan kanker kandung kemih, pankreas, leher rahim, ginjal dan esofagus. 

2. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema disebabkan oleh merokok. Asap rokok memblok aliran udara dan menyebabkan kesulitan bernapas. Jika Anda seorang perokok jangka panjang, semakin besar risiko Anda terkena PPOK. Tahap akhir dari PPOK adalah kematian karena kesulitan bernapas.

3. Penyakit kardiovaskular 
Asap rokok dapat menyebabkan kematian dini yang dipicu oleh penyakit yang mempengaruhi jantung, pembuluh darah jantung dan pembuluh darah lainnya. Merokok meningkatkan kadar kolesterol, serta menyebabkan kolesterol dan lemak lainnya harus disimpan dalam arteri. Ini bisa menghalangi arteri dan menyebabkan pembekuan darah, serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

4. Kesehatan reproduksi 
Merokok juga berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi, menyebabkan infertilitas, kelahiran prematur, keguguran, dan Sindrom kematian bayi mendadak. Pria yang sering merokok bahkan memiliki risiko lebih besar menderita disfungsi ereksi.

5. Penyakit Alzheimer 
Merokok dikenal dapat mempercepat penurunan mental. Asap rokok dapat menyebabkan kerusakan arteri, pembekuan darah dan meningkatkan risiko terkena stroke, juga menyebabkan penurunan kesehatan mental seseorang. 

6. Peningkatan infeksi 
Risiko infeksi yang mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas dan paru-paru akan meningkat jika Anda seorang perokok aktif ataupun pasif. Merokok mencegah bakteri dan kotoran keluar dari paru-paru dan saluran pernapasan, sehingga mengakibatkan penyakit serius seperti sinusitis, bronkitis dan pneumonia.

Berhentilah merokok dan hindari orang yang merokok. Perbanyak minum air putih dan makan makanan sehat. Terakhir, jangan lupa olahraga!


Sumber: merdeka.com

No comments

Powered by Blogger.