Header Ads

Cara Mudah Kurangi Asupan Garam Setiap Hari


Informasi Kesehatan - Manusia memang membutuhkan asupan garam setiap hari. Namun bagi orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit lainnya, makan terlalu banyak garam bisa membahayakan kesehatan. Beberapa peneliti telah menunjukkan banyaknya garam yang boleh dikonsumsi setiap hari.

American heart Association merekomendasikan agar setiap orang membatasi garam mereka sebanyak 1.500 miligram per hari. Peneliti di Harvard juga telah memberikan rekomendasi diet untuk mengurangi asupan garam dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran, dan biji-bijian. Selain itu, peneliti di Harvard juga memberikan beberapa strategi untuk mengurangi asupan garam yang dikonsumsi setiap hari, seperti dilansir oleh Third Age berikut ini.

1. Kurangi makanan olahan
Fokus untuk menghindari makanan olahan atau mengurangi konsumsi makanan olahan setiap hari. Makanan olahan memiliki kadar garam yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan yang tidak diproses atau makanan segar. Selain itu, makanan olahan atau makanan beku biasanya juga memiliki tambahan garam.

2. Baca jumlah sodium pada label makanan
Jika membeli makanan olahan sebaiknya selalu perhatikan jumlah sodium pada label makanan tersebut. Para ahli di Harvard menyarankan agar Anda membeli  makanan dengan jumlah sodium yang lebih rendah dari jumlah kalori pada tiap sajian.

3. Hindari makanan dengan garam tersembunyi
Hati-hati pada makanan yang tampaknya tidak mengandung garam, namun ternyata memiliki kandungan garam yang harus Anda perhitungkan. Para peneliti di harvard menyarankan Anda untuk berpikir dua kali sebelum memakan makanan dengan 'gara, tersembunyi' seperti roti putih, keju olahan, kecap, atau nasi yang dimasak.

4. Pilih makanan dengan kadar garam paling rendah
Jika makan di luar rumah sebaiknya pilih makanan yang mengandung garam paling rendah. Misalkan jika Anda pergi ke restoran cepat saji, pilih makanan yang paling sedikit mengandung garam. Jika makan di restoran, Anda juga bisa meminta agar koki mengurangi garam pada masakan Anda.

5. Gunakan garam dengan bijak
Anda memiliki batasan asupan garam setiap hari, jadi jangan habiskan jatah Anda untuk makanan yang terlalu asin atau mengandung banyak garam. Anda bisa menggunakan garam untuk meningkatkan rasa makanan yang dikonsumsi seperti kacang, biji-bijian, dan lainnya.

6. Lakukan secara bertahap
Langsung mengurangi banyak garam pada makanan tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan secara instan. Jika melakukannya secara drastis dan langsung Anda mungkin tak akan menyukainya. Untuk itu, lakukan secara bertahap. Kurangi asupan garam sedikit demi sedikit, namun secara konsisten dan teratur. Jika ini sudah berjalan lancar Anda akan merasa bisa hidup tanpa terlalu banyak makan garam.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan secara bertahap untuk mengurangi asupan garam pada makanan setiap hari. Jangan lupa untuk melakukannya secara bertahap dan menambah konsumsi makanan segar seperti buah dan sayur setiap hari.


Sumber: merdeka.com

No comments

Powered by Blogger.