Header Ads

5 Kebiasaan Ini Bisa Membahayakan Punggung


Informasi Kesehatan - Ada beberapa hal yang kita lakukan setiap hari dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri di punggung, leher dan bahu tanpa kita sadari. Tubuh seperti mobil yang tidak bisa tiba-tiba rusak. Kebiasaan tidak sehat yang berulang bisa melewati batas dan mengembangkan luka atau masalah pada punggung. Berikut 5 kebiasaan yang menjadi penyebab umum gangguan di punggung, yaitu:

1. Merokok
American Journal of Medicine menuturkan, sekitar 31 persen perokok khususnya yang berusia muda lebih mungkin menderita sakit punggung. Ini Merokok bisa merusak sirkulasi darah sehingga asupan ke tulang belakang yang berfungsi memelihara cakram dan sendi berkurang.

2. Menggunakan laptop tanpa mouse
Menggunakan touchpad laptop tanpa mouse bisa membuat bahu dan leher menjadi lebih ketat, tapi jika pakai mouse maka lengan berada dalam posisi benar. Selain itu menggunakan laptop di sofa bisa memberikan tekanan pada punggung dan juga tulang belakang.

3. Mengangkat barang
Kesalahan paling umum yang dilakukan orang terhadap punggung adalah ketika mengangkat sesuatu yang berat. Agar terhindar dari risiko cedera punggung sebaiknya selalu menekuk lutut saat mengambil sesuatu dalam posisi membungkuk. Tim Allardyce dari British Osteopathic Association menuturkan mengangkat beban sambil memutar bisa meningkatkan tekanan pada cakram tulang belakang. Untuk itu jika angkat sesuatu, sebaiknya menjaga beban dekat dengan tubuh untuk mengurangi tekanan.

4. Duduk di sofa yang empuk
Sofa yang terlalu rendah dan empuk sehingga membuat orang seperti tenggelam saat duduk bisa membuat tulang belakang bungkuk atau berbentuk huruf C karena cakram, otot dan ligamen punggung bawah melar. Untuk itu salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan bantal tambahan sehingga tidak duduk terlalu jauh ke belakang.

5. Mengemudi jarak jauh
Perjalanan jauh dengan mobil dapat mempengaruhi postur punggung dan mengakibatkan nyeri. Untuk menghindari nyeri punggung sebaiknya gunakan sandaran kepala saat menyetir untuk memastikan postur tubuh yang baik. Serta berhentilah sejenak untuk meregangkan kaki dan tubuh agar tekanan berkurang.


Sumber: duniafitnes.com

No comments

Powered by Blogger.