Header Ads

Bisnis Internet Bermodal Skill dan Knowledge

Bisnis Internet Bermodal Skill dan Knowledge 
Bagi pemodal kecil seperti saya, menciptakan peluang di internet kebanyakan dilakukan hanya menggunakan skil dan pengetahuan saja, tidak dengan modal yang besar (baca: uang) baik dalam membuat produk, konten, promosi, dan lain sebagainya. Maka wajar kalau hasilnya pun sesuai dengan modal tadi alias tidak besar. Ini menjadi evaluasi bagi para pebisnis internet bermodal kecil seperti saya dan rekan-rekan guru lainnya yang berkecimpung dalam bisnis internet. Bahwa modal itu sangat penting, terutama ketika hendak membangun kios atau ruko yang nantinya bisa kita tempati untuk penjualan produk, ataupun bisa kita sewakan pada orang lain di internet.


Saya tertarik ketika membaca sebuah tabloid komputer, yang memuat kisah sukses pendiri Adstar sebuah perusahaan ads networking. Mereka ketika awal-awal mendirikan perusahaannya tidak serta merta mendapat keuntungan. Dan untuk biaya operasional perusahaan, sementara mereka dapatkan dari jasa pembuatan website dan google adsense.

Dua kalimat terakhir tadi menjadi insfirasi dan motivasi saya sampai hari ini, jasa pembuatan website dan google adsense. Dengan menjual jasa pembuatan website dan menjadi penayang iklan google bisa jadi modal awal untuk membiayai bisnis yang lebih besar.

Artinya kita menggunakan skill dulu untuk mendapatkan penghasilan melalui produk jasa pembuatan web  google adsense. Lalu, penghasilan tersebut kita investasikan untuk bisnis yang lebih besar lagi. Ini model bisnis internet yang dimulai dari skill dan knowledge.

Evaluasi skill
Kalau dalam urusan administrasi guru kita mengenal Evadir (evaluasi diri), maka hal tersebut bisa kita terapkan dalam mengevaluasi skill kita dalam mempersiapkan rencana bisnis internet berikutnya.
  • Skill apa yang kita miliki saat ini? Kalau kita pernah belajar programing, kita bisa memberanikan diri menjual produk aplikasi di internet. Dan kalau kita mengerti CMS, yang paling mudah adalah menjual jasa pembuatan website. Menguasai aplikasi tertentu (misalny hotosop) kita bisa menjual jasa disain. Kalau kita bisa menulis, kita bisa membuat ebook dan menjualnya atau menjadi penulis lepas untuk mereview produk orang lain. Dan seterusnya...
  • Blogging A-Z. Sesudah mengetahui skill yang benar-benar kita kuasai, berikutnya apakah kita bisa mejualnya? Dan promosi yang paling mudah dan murah adalah menggunakan Blog. Untuk itu menguasai blog dari A sampai Z wajib hukumnya, mulai dari cara disain yang menarik dan respon mesin pencari, membuat konten yang menarik dan meyakinkan orang lain, optimasi trafik, dan seterusnya.
Evaluasi pengetahuan kita
Skill boleh mumpuni tapi pengetahuan yang bisa digunakan untuk mendukung skill tadi juga wajib diperbaharui.  Jika tidak, skill tadi tidak akan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Misalnya kita jago dalam programing dan mampu membuat aplikasi siap jual, tetapi pengetahuan tentang "cara memasarkannya" tidak ada maka endingnya kurang bagus lantaran tidak ada orang yang mengetahuinya apalagi sampai membelinya. Untuk itu cara memasarkan dan pengetahuan lainnya yang mendukung proses bisnis mesti selalu kita perbarui. Pengetahuan tentang "cara-cara memasarkan produk lewat internet" juga wajib terus menerus kita pelajari, seperti cara promosi lewat sosial media, promosi lewat blogging, promosi lewat program periklanan dan seterusnya.

Kita juga mesti tahu tips dan trik lainnya, karena internet itu pasar bebas dan tak terbatas maka persaingannyapun demikian besar, untuk itu mengetahui segmen, target, dan optimasi lainnya adalah bagian dari tips dan trik tadi.

Manajerial keuangan
Kembali ke topik Bisnis Internet Bermodal Skill dan Knowledge, maka hal lainnya yang perlu kita ketahui dan kuasai adalah manajerial keuangan. Ada banyak rekan blogger yang tiap bulanya mendapatkan dollar dari monetize blognya tapi dollar-dollar tersebut habis begitu saja tanpa diinvestasikan ke model bisnis lainnya sehingga ketika blognya terkena banned maka habis pulalah penghasilannya.

Untuk itu mengatur keuangan adalah hal penting jika ingin melebarkan model bisnis internetnya lebih besar lagi.


No comments

Powered by Blogger.