Header Ads

Cara Mendapatkan Rambut Lembut Secara Alami

Cara Mendapatkan Rambut Lembut Secara Alami
Karena sering mencuci, secara berkala menggunakan pengering rambut, maka akan membuat rambutmu menjadi sangat kering dan rusak. Tidak peduli berapa banyak produk yang saya digunakan dalam upaya untuk membuat rambut mengkilap dan lembut tapi hasilnya malah membuat rambut kamu hanya merasa seperti jerami.

Disini jika rambutmu sudah seperti itu maka rambut butuh istirahat dari produk styling, pewarna dan panas. Putuskan untuk fokus pada perbaikan rutin jangka panjang daripada perbaikan cepat untuk menutupi penampilan alami rambutmu.

Rata-rata kita temui dipasaran shampoo berbahan dasar Silikon pada awalnya akan membuat rambut terlihat halus dan terasa licin, sehingga lebih mudah untuk menyisir. Namun seiring waktu, silikon membentuk pencegahan minyak dan kelembaban dari penetrasi rambut, membuatnya kusam, kering dan rusak, seperti tambang.

Silahkan beralih ke shampoo bebas sulfat dan silikon, dimana pada awalnya membuat rambutmu merasa semrawut dan kering. Namun setelah beberapa minggu, secara bertahap mulai terlihat lebih sehat dan hari demi hari dan teksturnya akan mulai meningkat. Kamu juga harus mulai menggunakan minyak untuk melembabkan dan, dalam beberapa bulan, rambut menjadi lebih bersinar, kuat,halus dan lembut.

Apakah rambut Anda kering, keriting, rusak, atau bahkan kusam?
Menggunakan masker rambut atau berlebihan kondisioner belum tentu akan membuat rambut Anda lebih lembut dari yang murah, masker minyak buatan sendiri. Selain minyak bermanfaat bagi rambut juga tidak membutuhkan biaya besar.

Mungkin Anda ingin juga memperpanjang rambut secara alami, silahkan baca tipsnya disini :
 Cara Alami Panjangkan Rambut

Berikut adalah minyak favorit untuk perawatan rambut:

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Cosmetic Sains , minyak kelapa sangat efektif untuk mencegah kerusakan rambut, seperti yang ditemukan untuk mengurangi kehilangan protein bila digunakan sebagai pra-cuci dan pasca-perawatan pengobatan. Hal ini juga bertindak seperti kondisioner, membuat rambut lebih lembut karena membuat kulit kepala yang sehat dengan pelembab dan memberikan efek antibakteri. Di antara minyak diuji dalam penelitian ini, minyak kelapa ditemukan menjadi satu-satunya yang menembus batang rambut.

Cara menggunakannya:

  • Gunakan pada malam hari menjelang tidur
  • Gunakan sekitar satu sendok makan minyak kelapa .
  • Hangatkan Minyak kelapa ( Ingat jangan terlalu panas ), cukup panaskan. Bisa dimasukkan dalam microwave atau goreng sebentar saja
  • Ambil minyak kelapa yang sudah dihangatkan lalu gosokkan ditangan
  • Kemudian silahkan berbaring lalu Gosokkan pada kulit kepala secara merata.
  • Pastikan untuk memijat kulit kepala , dan kemudian biarkan meresap semalam.
  • Kamu bisa menggunakan topi pelindung atau jika kamu merasa kurang nyaman karena akan dibawa tidur, silahkan lapisi bantalmu dengan plastik untuk menjaga agar tidak terkena minyak
  • Pada pagi harinya disaat bangun, silahkan mencuci rambut dan pastikan untuk benar-benar menyingkirkan rambut dari residu minyak, dan ini yang akan membuat rambutmu menjadi lembut dan halus.
  • Ingat jangan gunakan shampoo untuk membersihkannya, bersihkan saja dengan air dan bilas beberapa kali rambutmu hingga benar-benar bersih dari residu minyak, jika merasa kurang nyaman silahkan Gunakan bebas silikon

Lakukan cara diatas seminggu sekali secara teratur, maka 2 atau 3 bulan kemudian kamu akan melihat hasil yang luar biasa pada rambutmu.

Minyak Argan

Minyak Argan

Minyak Argan adalah pengobatan yang sangat baik untuk rambut yang tidak terlalu kering atau kusam tetapi mungkin memiliki sedikit kerusakan, seperti ujung terbelah. Beberapa tetes minyak argan pada rambut Anda akan menambah kelembaban, terutama bila dibandingkan dengan minyak nabati lainnya. Oleh karena itu, minyak argan dapat digunakan sebagai pengobatan oleh orang-orang dengan kulit kepala berminyak yang tidak ingin membuat rambut mereka terlalu berminyak, sementara orang-orang dengan rambut kering dan / atau rambut keriting, mungkin menerapkan beberapa tetes untuk menambah kelembaban dan bersinar.


Cara menggunakannya:

Sebagai perawatan pra-cuci, menggosok beberapa tetes minyak antara telapak tangan Anda dan berlaku untuk rambut panjang dan ujungnya. Biarkan minyak pada rambut Anda selama mungkin, sebaiknya semalam, dan kemudian lanjutkan untuk mencuci dengan sampo. Lakukan ini setiap kali Anda berencana untuk mencuci rambut Anda sebagai perawatan pre-wash untuk mengalami manfaat maksimal.

Sebagai perawatan pra-cuci, menggosok satu-dua tetes minyak di antara telapak tangan dan hanya berlaku pada ujung rambut untuk menambahkan bersinar dan kelembaban.


Minyak lain yang mungkin Anda gunakan dengan cara yang sama adalah: minyak alpukat , minyak jojoba dan minyak almond . Ini semua adalah pilihan yang sangat baik untuk semua jenis rambut dan relatif murah. Untuk perawatan lebih mewah Anda bisa mencoba minyak rosehip .

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan di samping perawatan minyak yang dapat membantu dengan melembutkan rambut Anda:

  • Beralih ke sampo bebas silikon, seperti Acure Organics .
  • Jangan Menggunakan Shampoo Secara Berlebihan
    Penggunaan shampoo yang berlebihan saat keramas merupakan salah satu penyebab utama rambut menjadi kering. Memang shampoo dapat meluruskan rambut, tetapi jika sering-sering hal ini akan membuat minyak alami pada rambut menjadi hilang sehingga akhirnya rambut menjadi lebih cepat kering.
  • Memilih Kondisioner Yang Cocok
    Cara mengatasi rambut kering bisa menggunakan kondisioner, tetapi pintar-pintarlah dalam memilih kondisioner rambut agar tidak rugi belakangan. Cari kondisioner yang tidak mengandung alkohol, karena kandungan alkohol tersebut dapat membuat rambut semakin mengering dan mengembang. 
  • Batasi penggunaan alat berbasis panas seperti pelurus rambut dan tongkat keriting, atau benar-benar menghindari mereka (menyimpannya untuk acara-acara khusus, jika mungkin).
  • Hindari pewarna rambut.
  • Cuci rambut Anda hanya sekali atau dua kali seminggu. Jika perlu, gunakan sampo kering 
  • Menyisir Rambut Dengan Benar
    Agar Rambut Tidak Kering Menyisir rambut asal-asalan juga dapat menyebabkan rambut kering Anda menjadi patah bahkan kusut, apalagi ketika rambut Anda masih dalam keadaan basah. Jadi tunggu sampai rambut kering atau bisa menggunakan handuk untuk mengeringkannya terlebih dahulu secara perlahan. Setelah itu sisir rambut dengan penuh perasaan agar rambut rapi dan juga terbebas dari kerontokan
  • Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Rambut Kering
    Jeruk nipis bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi rambut kering secara cepat. Pasalnya jeruk nipis berkhasiat untuk membersihkan kotoran yang menempel dipermukaan kulit kepala, dan juga dapat membaut rambut sehat berkilau.
    Cara meramu jeruk nipis untuk dijadikan obat alami adalah dengan memijat kulit kepala secara perlahan dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu tunggu sampai 30 menit, kemudian bersihkan rambut dengan cara keramas.

Semoga Bermanfaat

No comments

Powered by Blogger.