Header Ads

Psikologi Yang Jarang Anda Ketahui

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Banyak sekali nama nama psikologi yang sering kita dengar atau bahkan mengalaminya namun tidak untuk yang dibawah ini. Teman anehtapinyata.net, berikut ini adalah keadaan psikologi yang jarang anda dengar


Psikologi Sublimasi
Sigmund Freud percaya bahwa emosi manusia adalah semacam mesin uap, dan hasrat seksual adalah uap. Jika Anda menahan uap keluar dari satu katup, tekanan akan membangun dan memaksa keluar dari yang katup lain. Sublimasi adalah proses mengarahkan keinginan beruap Anda dari berhubungan seks nakal, untuk melakukan sesuatu yang produktif secara sosial seperti menulis artikel tentang psikologi atau memperbaiki mesin pemotong rumput atau mengembangkan sebuah program perangkat lunak.

Jika Anda pernah merasa frustrasi Anda keluar dengan membangun sesuatu, atau mendapat kesenangan intens ganjil dari menciptakan sebuah proyek seni, Anda berarti sedang bersublimasi. Psikiater lain telah menyempurnakan gagasan sublimasi, namun. Setelah teori Perancis Jacques Lacan, mereka mengatakan bahwa sublimasi tidak harus berarti mengubah hasrat seksual ke kegiatan lain seperti membangun. Itu hanya bisa berarti mentransfer hasrat seksual dari satu objek ke yang lain - memberi kasih sayang Anda dari pacar Anda kepada tetangga Anda, misalnya.

Psikologi Dysphoria
Sering digunakan untuk menggambarkan depresi pada gangguan psikologis, dysphoria adalah keadaan umum kesedihan yang meliputi kegelisahan, kekurangan energi, kecemasan, dan iritasi samar-samar. Dysphoria bisa dibilang kebalikan dari euforia, dan berbeda dari kesedihan yang khas karena sering kali berisi semacam guncangan/gejolak dan kemarahan. Anda mungkin mengalami ketika mendapatkan stimulan seperti coklat, kopi, atau sesuatu yang lebih kuat. Atau Anda mungkin merasa dalam menanggapi kebosanan, situasi menyedihkan yang ekstrim, atau depresi.

Psikologi Enthrallment
Profesor psikologi W. Gerrod Parrott telah memecah emosi manusia ke dalam subkategori, yang mana memiliki subkategori mereka sendiri lagi. Sebagian besar emosi ia mengidentifikasi, seperti sukacita dan kemarahan, sudah cukup dikenali. Tapi satu bagian dari sukacita, "enthrallment," Anda mungkin tidak pernah mendengar sebelumnya. Berbeda dengan subkategori sukacita seperti keceriaan, semangat, dan bantuan, enthrallment adalah keadaan pengangkatan intens. Hal ini tidak sama dengan cinta atau nafsu. Anda mungkin mengalami ketika Anda melihat sebuah tontonan yang luar biasa - konser, film, sebuah roket lepas landas - yang menangkap semua perhatian Anda dan mengangkat suasana hati Anda ke ketinggian yang luar biasa.

Psikologi Normopathy
Psychiatric teori Christopher Bollas menemukan normopathy untuk menggambarkan orang-orang yang begitu terfokus untuk membaaur dan menyesuaikan dengan norma-norma sosial yang menjadi semacam mania atau kegilaan. Seseorang yang normotic sering tidak memiliki kepribadian sama sekali, dan hanya melakukan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Normopathy ekstrim diselingi dengan istirahat dari norma, di mana orang normotic cenderung tertekan untuk menyesuaikan diri dan memaksa diri sendiri untuk bekerja keras atau melakukan sesuatu yang sangat berbahaya. Banyak orang mengalami normopathy ringan pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka, terutama ketika mencoba untuk masuk ke dalam situasi sosial yang baru, atau ketika mencoba untuk menyembunyikan perilaku mereka percaya orang lain akan mengutuk.

Psikologi Group Feelings
Beberapa psikolog berpendapat bahwa ada beberapa perasaan kita hanya dapat ketika kita sedang berkelompok - ini disebut perasaan intergroup dan intagroup. Sering kali Anda merasakan hal ini ketika orang lain bertentangan dengan perasaan pribadi Anda. Sebagai contoh, banyak orang merasa bangga antarkelompok dan merasa bersalah untuk hal-hal yang telah dilakukan negara-negara mereka, bahkan jika mereka tidak lahir ketika negara mereka melakukan apa-apa. Meskipun Anda tidak berperang dalam perang, dan karenanya tidak bertanggung jawab secara pribadi atas apa yang terjadi, Anda berbagi dalam perasaan antarkelompok kebanggaan atau rasa bersalah.

Perasaan kelompok sering menimbulkan kontradiksi yang menyakitkan. Seseorang mungkin memiliki perasaan intragrup (dari satu kelompok ke kelompok lain) bahwa homoseksualitas adalah salah secara moral. Tapi orang itu secara pribadi mungkin memiliki perasaan homoseksual. Demikian juga, seseorang mungkin memiliki perasaan intragrup bahwa ras tertentu atau agama lebih rendah dibanding kelompok mereka. Namun mereka secara pribadi mungkin tahu sangat terhormat, orang-orang baik dari orang-orang ras dan agama yang mereka anggap teman. Perasaan kelompok yang hanya bisa terjadi melalui keanggotaan dalam kelompok, dan bukan sesuatu yang Anda akan pernah sendiri. Tapi itu bukan berarti perasaan kelompok adalah setiap kurang kuat dari yang pribadi.

Psikologi Abjection (Kehinaan)
Ada beberapa cara untuk menjelaskan tentang abjection atau kehinaan, namun filsuf Prancis Julia Kristeva menulis buku tentang apa artinya untuk mengalami kehinaan. Dia menunjukkan bahwa setiap manusia berjalan melalui periode kehinaan sebagai anak-anak kecil ketika kita pertama kali menyadari bahwa tubuh kita terpisah dari tubuh orang tua kita '- ini rasa pemisahan menyebabkan perasaan menakutkan ekstrim kita bawa bersama kita sepanjang hidup kita. Perasaan kehinaan akan diaktifkan kembali ketika kita mengalami peristiwa itu, namun hanya sesaat, ini menyebabkan kita mempertanyakan batas-batas rasa diri kita.

Seringkali, kehinaan adalah apa yang Anda rasakan ketika Anda menyaksikan atau pengalaman sesuatu yang begitu mengerikan yang menyebabkan Anda muntah. Sebuah contoh klasik adalah saat Anda melihat mayat, namun kehinaan juga dapat disebabkan oleh melihat kotoran atau luka terbuka. Ini visi semua mengingatkan kita, pada tingkat tertentu, bahwa kedirian kita terkandung dalam apa Star Trek alien sebut "tas jelek sebagian besar air." Satu-satunya hal yang memisahkan Anda dari menjadi mayat ini. . . hampir tidak ada. Ketika Anda merasa berat penuh kalimat itu, atau dihadapkan oleh realitas dalam bentuk mayat, mual Anda adalah kehinaan.

Psikologi Repetition compulsion
Definisi repetition complusion atau dorongan yang berulang-ulang agak sedikit lebih rumit daripada definisi yang terkenal dari Freud - ". Keinginan untuk kembali ke keadaan sebelumnya" Secara mendasar, dorongan yang berulang-ulang adalah sesuatu yang Anda alami cukup sering. Ini adalah dorongan untuk melakukan sesuatu lagi dan lagi. Mungkin Anda merasa terdorong untuk selalu memesan hal yang sama di restoran favorit Anda, atau selalu membawa pulang rute yang sama, meskipun ada makanan lain yang lezat dan cara-cara lain yang mudah untuk pulang ke rumah. Mungkin paksaan pengulangan Anda sedikit lebih ekstrem, dan Anda selalu merasa terdorong untuk menjatuhkan orang-orang yang memperlakukan Anda seperti omong kosong berulang-ulang, meskipun Anda tahu sebelumnya hal ini akan membuat Anda terlihat buruk.

Freud terpesona oleh sisi jahat dari dorongan berulang-ulang ini, itulah sebabnya mengapa ia akhirnya memutuskan bahwa penyebab keinginan kami untuk mengulang langsung terkait dengan apa yang disebut "the death drive," atau dorongan untuk berhenti ada. Setelah semua ini, ia beralasan, "keadaan awal" utama adalah pernyataan non-eksistensi sebelum kita dilahirkan. Dengan pengulangan masing-masing, kita bertindak keluar keinginan kita untuk kembali ke keadaan pra-hidup. Mungkin itu sebabnya begitu banyak orang memiliki dorongan untuk mengulangi perbuatan yang merusak, atau tidak produktif.

Psikologi Repressive desublimation
Pakar politik, Herbert Marcuse adalah fans besar Freud dan hidup ketika pergolakan sosial terjadi tahun 1960-an. Dia ingin menjelaskan bagaimana masyarakat bisa melewati masa-masa pembebasan sosial, seperti perubahan kultur dan revolusi yang terjadi di pertengahan abad kedua puluh. Bagaimana mungkin AS melalui semua protes yang datang di tahun 60an tetapi tidak pernah benar-benar melengserkan pemerintah?

Jawabannya adalah, ia memutuskan ada suatu keadaan emosi aneh yang dikenal sebagai "repressive desublimation". Seperti yang Freud katakan tentang sublimasi. Yaitu adalah ketika Anda menyalurkan hasrat seks Anda ke sesuatu yang non-seks. Tapi Marcus hidup ketika setiap orang sedang meluapkan seluruh hasrat seks mereka. Ketika itu adalah era kebebasan seksual, ketika bercumbu dibebaskan. Marcuse menyarankan bahwa desublimation benar-benar dapat membantu untuk memperkuat represi.

Represi ini bertindak sebagai katup pelarian bagi keinginan kita sehingga kita tidak mencoba untuk membebaskan diri dari pembatasan sosial lainnya. Sebuah contoh yang baik dari repressie desublimation adalah berpesta yang terjadi di perguruan tinggi atau acara-acara lainnya. Sering kali, orang di perguruan tinggi banyak mabuk-mabukan, membius dan bercumbu - sementara pada saat yang sama belajar sangat keras dan berusaha untuk bersiap-siap untuk karier mereka. Alih-alih mempertanyakan mengapa kita harus membayar banyak uang untuk terlibat dalam belajar menghafal dan mendapatkan pekerjaan perusahaan, kami hanya mematuhi aturan dan melakukan seks gila mabuk setiap akhir pekan.

Psikologi Aporia
Anda tahu bahwa perasaan kehampaan yang dalam Anda dapatkan ketika Anda menyadari bahwa sesuatu yang Anda percaya sebenarnya tidak benar-benar ada? Dan kemudian hal-hal merasa lebih aneh ketika Anda menyadari bahwa sebenarnya, hal yang Anda percaya mungkin benar dan mungkin tidak - dan Anda tidak akan pernah benar-benar tahu?

Itulah aporia. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani kuno, tetapi juga dikenal sebagai teori pasca-strukturalis seperti Jacques Derrida dan Gayatri Spivak. Alasan teori modern yang menyukai gagasan aporia adalah bahwa hal itu membantu untuk menggambarkan perasaan orang memiliki dalam dunia informasi yang berlebihan, di mana Anda sering dibombardir dengan pesan-pesan yang tampaknya bertentangan sama-sama benar.

Psikologi Compersion
The compersion Kata dipopulerkan oleh orang-orang di komunitas secara online dikhususkan untuk hubungan polyamory dan terbuka, dalam rangka untuk menggambarkan kebalikan dari perasaan cemburu ketika pasangan Anda berkencan dengan orang lain / selingkuh. Meskipun orang monogami akan merasa cemburu melihat pasangan mereka mencium orang lain, orang non-monogami bisa merasakan compersion, rasa sukacita dalam melihat pasangannya senang dengan orang lain.

Tetapi orang-orang monogami bisa merasakan compersion, juga, jika kita memperluas definisinya maka compersion adalah situasi di mana Anda merasa kebalikan dari cemburu. Jika seorang teman memenangkan penghargaan Anda berharap untuk menang, Anda masih bisa merasakan compersion (meskipun Anda mungkin sedikit cemburu juga).

No comments

Powered by Blogger.