Header Ads

Tips Jadi Enterpreneur Untuk Mahasiswa Sistem Informasi Yang Tidak Bisa Programming

Tips Jadi Enterpreneur Untuk Mahasiswa Sistem Informasi Yang Tidak Bisa Programming| Kedengaranya anomali, masa mahasiswa sistem informasi tidak bisa programming, kemana aja selama 4 tahun kuliah? Tapi kenyataanya memang seperti itu, sangat banyak mahasiswa dari jurusan sistem informasi tetapi tidak bisa pemrograman. Termasuk saya salah satunya heheehh....

Tapi tidak bisa programming bukan berarti tidak bisa survive untuk menjadi enterpreneur, tetep bisa kok. Ini beberapa tips yang mungkin bisa anda praktikan (khususnya buat mahasiswa sistem informasi yang tidak bisa programming).

  1. Beli deh buku tentang pemrograman beserta aplikasinya, misalnya buku pemrogramman PHP untuk aplikasi penggajian, atau aplikasi lainya. Pelajari buku tersebut, step by step praktikan, sampai anda paham dan aplikasinya jadi. Pelajari kelemahan dan kekuranganya, test berulang-ulang sampai anda benar-benar memahami kelemahanya.
  2. Buat blog, yang gratisan saja. Dimana blog tersebut menggunakan alamat sesuai dengan nama aplikasi yang telah anda buat tersebut, misalnya aplikasipenggajian.blogspot.com. Blog yang kita buat tersebut fungsinya untuk promosi via internet. Buat page-page seputar aplikasi tersebut sedtil mungkin sehingga orang yang membacanya memahaminya dengan benar. 
  3. Buat page tentang aplikasi anda di situs jejaring sosial facebook, atau tweeting di twitter, semuanya dengan kata kunci aplikasi anda tersebut.
  4. Gunakan blog dan page di jejaring sosial tadi untuk promosi aplikasi yang kita buat susah payah tersebut.
  5. Coba keliling kampung, kecamatan, kota atau kabupaten untuk mempromosikan produk aplikasi (yang sebenarnya dapat nyontek tersebut) ke instansi-instansi.
  6. Gunakan teman hebatmu untuk ikut mempromosikan. Temen hebat tersebut adalah temen yang punya banyak kenalana orang-orang penting, terus pinter ngomong, kalau bisa perempuan yang cantik hehehhe..
  7. Siap-siap dapat pembeli.
Semudah itu? Tidak, anda harus berjuang keras sampai titik darah penghabisan (lebay). Artinya, semuanya perlu kerja keras, anda harus promosi, persentasi, membangun link dan seterusnya sampai ada orang yang mau membeli aplikasi tersebut. 

Untuk yang satu ini saya mempraktikanya langsung, tentu karena saya mempunya keterbatasan dalam programming (kan topiknya emang itu mas..), saya memilih menekuni blog, dan 2 platform yang saya tekuni adalah wordpress dan blogger. Serta CMS untuk keperluan web tertentu. 

Saya buat promosi di blog-blog saya (maklum blog saya banyak) terutama blog-blog yang trafiknya tinggi, lewat email, dan lewat sms. Dan cara riil nya saya mendatangi instansi-instansi yang barangkali memerlukan blog atau website. Setelah beberapa bulan, alhamdulillah ada orang-orang yang mulai tertarik, nanya-nanya harga, sampai akhirnya ada juga yang minta dibuatkan blog dan website. Tentu karena saya tidak bisa programming, maka saya pakia CMS. Tapi dari situ saya mendapat penghasilan yang WOW menurtu saya.

Artinya, kalaupun tidak bisa programming, masa sih tidak bisa skill lainya yang masih ada hubunganya dengan sistem informasi. Yang penting, mau memulai, rela malu untuk menawarkan, tak peduli di cemooh, dan pantang menyerah, itu kuncinya. So...

No comments

Powered by Blogger.