Header Ads

Fungsi Blog Bagi Seorang Guru

Belakangan saya sering melihat blog yang di kelola oleh guru, dan sangat menarik untuk membicarakanya disini. Dan ternyata guru yang mengelolanya bukan melulu oleh guru-guru yang tinggal di perkotaan, banyak sekali yang tinggal di peloksok bahkan pedalaman. Tapi sudahlah, yang ingin saya bicarakan adalah konten blog guru tersebut, dan pada kesimpulan akhir nantinya saya ingin medapat jawaban dari pertanyaan sebenarnya apa sih fungsi blog bagi seorang guru?

Setelah saya menelusuri beberapa blog yang di kelola oleh rekan-rekan guru, kebanyakan isinya adalah materi pembelajaran, dan ada juga yang kontennya berisi hal-hal yang dianggapnya menarik walau itu keluar dari konteks bloggingnya yang bertemakan pembelajaran. Ada juga guru yang mengelola banyak sekali blog, setiap blognya memiliki tema yang berbeda, tapi biasanya ada kolerasinya antara satu blog dengan blog lain yang di kelolanya, misalkan yang satu blognya berisi konten mata pelajaran tertentu, blog yang lainya berisi kumpulan administrasi mengajar, dan yang lainya ada yang berisi soal-soal saja.

Saya ambil contoh blognya kang wildanrahmatullah, dengan nama blog wildanrahmatullah.com. Blog pa wildan ini konten spesifiknya adalah soal-soal latihan untuk siswa sekolah dasar. Ada lagi blognya pak Agus Sampurno, dengan nama blognya gurukreatif.wordpress.com, blog pak Agus ini berisi banyak sekali metode dan model-model pembelajaran. Trus ada lagi blognya bu Amiroh dengan alamat blognya amiroh.wen.id, blog ibu guru yang satu ini juga berisi materi pembelajaran interaktif.

Nah, ketiga blog tadi sebenarnya tidak mewakili keseluruhan blog guru. Tapi dari ketiga blog tersebut, saya mendapat knowledge tentang bagaimana fungsi blog bagi seorang guru. 

Fungsi blog bagi seorang guru, jika saya melihat ke tiga sampel blog diatas, adalah sebagai bahan share pengentahuan dirinya tentang materi mengajar, dan informasi lainya seputar kegiatan mengajarnya. Intinya aktualisasi diri dan rasa ingin berbagi, dan media pembelajaran bagi pembaca blog guru tersebut. 


No comments

Powered by Blogger.