Header Ads

Tidak Bisa SEO Bukan Berarti Tidak Bisa Mendapatkan Pengunjung

Tidak Bisa SEO Bukan Berarti Tidak Bisa Mendapatkan Pengunjung| Salah satu keunggulan seorang blogger yang menguasai teknik SEO adalah mampu menempatkan posting blognya di halaman pertama mesin pencari (entah itu google, bing atau yahoo). Dengan menempatkan banyak posting dengan kata kunci tertentu di halaman pertama mesin pencari akan memungkinkan mendatangkan pengunjung lebih banyak. Ingat, hanya memungkinkan. Lalu, bagaimana dengan blogger yang tidak bisa SEO?


Mengerti teknik SEO adalah kelebihan, tapi tidak mengrti teknik SEO juga bukan akhir segalanya bagi seorang blogger. SEO hanya salah satu saja dari sekian banyak teknik untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. 

Kita ambil contoh riil saja, misalnya kita membuka toko kue di salah satu pojokan pasar. Di sekitar pasar tersebut bukan cuma kita yang berjualan kue, ada banyak sekali kios-kios kue disana. Nah, apa yang harus kita lakukan agar pengunjung datang ke toko kue kita, sedangkan toko kita berada di pojokan pasar dimana sebelum datang ke toko kue kita pengunjung akan bertemu dengan puluhan toko-toko kue lainya?

Hal yang pertama di lakukan biasanya promosi, bisa dengan cara tradisional (menawarkan dengan cara memanggil pengunjung, berteriak menjajakan kue, mengobral, dan seterusnya), bisa pula dengan cara lebih cerdas (misal dengan membagikan kupon promo, brosur menu, penawaran khusus bagi pelanggan baru, atau bekerja sama dengan toko kue lainya).

Begitu pun dengan blog, kita bisa mencontek apa yang terjadi dari contoh riil tadi. Untuk mendatangkan pengunjung kita bisa melakukanya dengan cara promosi tradisional atau lebih cerdas. Dengan promosi tradisional kita bisa berkeliling mencari pengunjung, biasanya aktivitas seperti ini disebut blog walking, jalan-jalan ke blog orang lain dan ikut berkomentar dan seterusnya, intinya supaya ada backlink yang mengarah ke blog kita. Atau buat saja brosur tentang blog anda dan bagikan ke orang-orang, kedengaranya lucu, tapi saya pernah melihatnya orang membagi-bagikan brosur yang berisi alamat blognya.

Atau dengan cara lebih cerdas, apa itu? Buat promosi ilmiah, misalnya saja membuat kegiatan pelatihan, seminar, workshop dimana anda (pemilik blog) menjadi pemateri dan lewat materi-materi yang di sampaikan anda bisa mengarahkan audience untuk mengunjungi blog anda. Cara seperti ini biasanya akan mendatangkan fans tersendiri buat anda. Memang anda perlu biaya lebih, tapi itu tidak masalah selagi anda punya kemampuan nego yang bagus misalnya saja dengan menggandeng sponsor (ups, jangan pikirkan sponsor bonafit dulu).

Begitulan, tidak bisa SEO bukan berarti tidak bisa mendapatkan pengunjung. Dan yang lebih penting yang perlu anda ingat, SEO hanya menempatkan blog anda di urutan pertama atau halaman pertama mesin pencari, bukan jaminan pengunjung yang datang lantaran teknik SEO tersebut akan betah di blog anda kalau toh konten blog anda "ece-ece". Jadi yang lebih penting adalah kualitas konten.





No comments

Powered by Blogger.