Header Ads

Bagaimana Membangun Pondasi SEO Agar Lebih Kokoh?

Udah dulu bahas cinta-cintaan ini saatnya bahas Internet Marketing lagi. Kali ini kita bahas SEO lagi. Eh setelah gue baca Ketika Cinta Bertandu, kayaknya antiklimaks? Mungkin karena momen-momen penting gak gue masukkin. Ntar mau gue benerin lagi dah. Biar jadi cerita yang keren? Mau bacanya kan?

Disini gue mau kasih tempe, tahu. Gue mau kasih tau lo gimana sih caranya membangun pondasi SEO. Tapi, sebelumnya lo harus tau. Apa dan untuk apa pondasi SEO. Fungsinya sama aja kok kayak pondasi rumah. Lo tau kan fungsinya pondasi rumah? Kalo belum tau, tanya deh sama kuli bangunan. 

Fungsi pondasi emang buat memperkokoh bangunan. Jadi, pondasi SEO itu maksudnya biar blog lo berdiri dengan kokoh dan merajai search engine. Lumayan kan bisa ngerasain jadi raja. Tapi  kayaknya raja nggak mau ngerasain jadi lo. Sekarang saatnya gue kasih tau gimana sih caranya buat memperkuat situs lo dengan pondasi SEO. Berikut gue kasih tau dulu garis besarnya.
  1. Keyword Research.
  2. Buat dan urus dummy Blog.
Simpel kan. Cuma 2 doang. Kalo mau banyak, bikin aja sendiri sono. Mari kita bahas satu per satu.

1. Keyword Research.
Cari satu keyword utama untuk blog utama Anda dan cari lagi lebih 10 keyword turunannya. Untuk cara risetnya, baca disini aja: Cara Keyword Research / Cara Riset Keyword.

2. Dummy Blog.
Dummy blog udah tau kan? Kalo belum tau, silahkan lo tanya aja sama si embah. Udah banyak  banget yang bahas ttg dummy blog. Males gue jelasinnya lagi. Kalo lo dah tau dengan yang namanya dummy blog, lo gak bakalan ngerasa sama dengan dummy blog yang gue maksud. Dummy blog cuma namanya, disini gue nuntu lo buat ngurus tuh dummy blog layaknya blog utama lo.

Seperti yang kita tau, backlink masih jadi kekuatan superman dan batman. Apaan sih? Ngawur! Backlink itu masih jadi kekuatannya pahlawan bertopeng. Halah! Tambah ngawur! Dah dah, serius. Backlink masih jadi kekuatan dalam SEO. Nah, dari dummy blog inilah kita bakalan dapetin backlink yang berkualitas.

Mari kita bahas gimana caranya buat dummy blog yang berkualitas. Setelah lo dapet keyword turunan tadi, masing-masing keyword tadi lo buat satu blog dummy. Jadi, kalo misalkan lo punya 10 keyword artinya lo kudu bikin 10 blog juga.

Nah, lo bikin tuh blog gue saranin pake TLD domain terutama dotcom. Kenapa? Karena nih blog bakal kita rawat kayak blog utama plus bakal jadi lahan dollar juga buat kita. Dan gue nyaranin banget lo pilih keyword on domain. Misalkan keyword weight loss tips. So, lo kudu pilih domain yang kira-kira formatnya begini weightlosstips.com atau theweightlosstips.com atau yang mirip-mirip lainnya.

Setelah itu, rawatlah blog lo kayak blog utama lo. Untuk isi konten, kalo lo bingung tinggal cari aja di ezinearticle.com dan rewrite pake quickcontentwizard.com atau tool rewriter lainnya misalkan the best spinner. Isi blog lo dengan minimal 3 konten per hari.

Dalam penulisan konten juga gak sembarangan. Lo tetep kudu pake tata cara SEO. Gue saranin lo pake aja plugin EasyWPSEO atau ClickBumpSEO. Terus, untuk on page SEO, lo cari aja ebook gue. Cari di google pake keyword “Ebook Keyword Research". Lalu, tunggu blog dummy lo sampe ke index minimal 30 page. Setelah ada 30 yang keindex, mulailah bikin review post dan buat link dengan anchor berupa keyword utama lo dan ngelink ke blog utama lo. Selain review post, lo juga bisa bikin artikel apa aja dan ngelink ke blog utama lo dengan keyword utama lo.

Tapi, lo juga kudu perhatikan penempatan link dalam artikel. Penempatan link harus bener-bener pas. Maksudnya pas itu adalah tuh link berada di tempat yang emang layak disitu. Kalo orang baca aritkel lo, kemungkinan orang klik tuh link adalah 40%. So, dari artikel itu lo bakalan dapet backlink berkualitas dan juga visitor.

Bayangin kalo lo punya 20 blog dan masing-masing blog bikin 10 artikel yang ok dan ngelink ke blog utama lo. Jadi, lo bakalan dapet 200 backlink plus minimal 200 visitor. Gimana kalo setiap artikel bisa datengin minimal 2 visitor per harinya. Itu artinya lo bakalan dapet 400 visitor dari blog lo.

No comments

Powered by Blogger.