Header Ads

Tips Menghadapi Orang Yang Suka Menghakimi


SempuranSetiap dari kita pasti mempunyai beberapa teman, kolega atau anggota keluarga yang hobinya menghakimi sesuatu. Mereka bisa membuat kisruh suasana dengan sekejap, atau menjatuhkan kepercayaan diri anda dengan komentar-komentar pedasnya mengenai pekerjaan, kepribadian, dan kehidupan anda seutuhnya, seakan-akan ia lah malaikat yang sempurna tanpa kekurangan sedikitpun. Dalam artikel ini akan dibahas cara tepat menghadapi orang yang suka menghakimi.

Kritik-kritik yang tidak membangun di sekitar anda perlahan-lahan akan membuat anda resah, terutama dengan komentar-komentar pedas mereka terhadap apapun yang anda katakan.  Oleh karena itu, jangan sekali-kali anda anggap hal itu hanya menimpa anda, karena mereka yang seperti itu, pasti melakukannya pada orang lain juga. Karena kemungkinan besar, asumsi ini sendiri merupakan akar dari permasalahan anda.
  • Apa Yang Membuat Mereka Begitu Senang Menghakimi? Cobalah empati pada orang-orang yang sangat senang menghakimi. Cobalah menganalisa kata-kata tidak mengenakan yang mereka kemukakan, gerak tubuh, sikap, posisi, ataupun status. Lalu perhatikan segala kemurkaan anda agar bisa toleran di lain waktu. Kebaikan dan rasa iba bukan hanya soal kata-kata yang kamu kemukakan pada mereka.
  •  Respon Anda adalah Tanggung Jawab Anda Lihatlah bagaimana kamu bereaksi atas reaksi dimana kamu dikritik atau dihakimi oleh seseorang. Lihatlah dirimu, akui kenyataan bahwa kamu merasa tersakiti. Seringkali, hal itu karena kita menyangkal bahwa kita tersakiti, yang mana kita tidak mampu menghadapi kritikan-kritikan secara dewasa. Begitu hal ini disadari, anda akan meresponnya dengan tenang.
  • Jadilah yang Dewasa  Jika kamu punya kolega atau teman dekat, dimana mereka sangat senang menghakimi, dan kamu benar-benar tidak bisa menghindari mereka. Cobalah bayangkan bahwa orang ini adalah tidak lebih dari ‘bocah’. Dan lakukan apa yang kamu harus lakukan ketika menghadapi bocah sedang mengamuk. Sepanjang mereka menyemprot anda dengan pikiran buruk, cobalah beri mereka makanan atau guyonan-guyonan khas bocah, memang terdengar menyebalkan, namun anda harus mencobanya.

No comments

Powered by Blogger.