Header Ads

Penyebab Dan Gejala Penyakit Neurofibromatosis

Benjolan pada kulit akibat Neurofibromatosis (sumber:commons.wikimedia.org)
Dari sekian banyak penyakit yang dapat menggangu otak salah satunya adalah Neurofibromatosis. Neurofibromatosis adalalah kondisi genetis yang dapat menyebabkan tumbuhnya tumor  pada seluruh bagian otak. Tumor otak merupakan pembengkakan karena adanya pertumbuhan sel sel secara abnormal.  Pada penyakit Neurofibromatosis merupakan tumor jinak dan tidak termasuk kanker. Terdapat dua jenis neurofibromatosis, yaitu nerofibromatosis tipe 1 atau juga disebut NF1 dan neurofebromatosis tipe 2 atau NF2. Pada Neurofibromatosis tipe 1 salah satu gejalanya adalah benjolan pada kulit pada wajah yang sangat memperburuk penampilan. Penyebabnya utamanya adalah faktor genetis atau keturunan. Untuk mengatasi terjadinya fibromatosis bisa dilakukan dengan cara operasi. Untuk informasi lebih jelas silahkan lanjutkan membaca uraian berikut.

Gejala Penyakit Neurofibromatosis

Gejala Neurofibromatosis tipe 1 bisa terlihat pada kulit, mata, prilaku serta beberapa kondisi lainnya. Pada kulit, pederita neurofibromatosis memiliki warna yang tampak pucat. Selain itu, pada beberapa bagian kulit tubuh juga timbul bintik bintik kecil seperti pada area pangkal paha, ketiak, dan dibawah payudara. Pada bagian bawah kulit juga akan timbul benjolan yang disebut dengan neurofibroma. Pada umumnya neurofibroma tidaklah begitu menyakitkan hanya saja sangat mengganggu penampilan.

Sementara itu gejala yang terlihat pada mata adalah timbulnya gangguan pandangan, dimana ketika ia emandang terhadap suatu bneda, benda tersebut menjadi kabur, perbedaan kemampuan melihat antara mata yang satu dengan mata yang lainnya, berkurangnya kemampuan mata dan gangguan dalam melihat warna. 

Dalam berperilaku penderita neurofibromatosis juga menalami kelainan, dimana anak yang menderita neurofibromatosis akan mengalami kesulitan dalam belajar. Akan tetapi hal ini tidaklah terlalu parah, mereka biasanya hanya lebih rendah dari pada anak yang normal.

Beberapa kondisi lainnya juga menjadi gejala dari adanya pengobatan neurofibromatosis. Kondisi tersebut seperti andanya tekanan darah tinggi, genguan tulang seperti skeolosis serta migrain.

Penyebab Terjadinya Penyakit Neurofibromatosis

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa penyebab terjadinya Neuroofibromatosis adalah faktor genetik. Dimana telah tejadi mutasi gen yang dikenal dengan NF1. NF1 merupakan gen yang berfungsi memproduksi protein yang mengatur pertumbuhan saraf. Pada orang yang menderira Neurofibromatosis, gen NF1 yang mereka miliki mengalami kerusakan, sehinggamenyebabkan sel-sel yang memproduksi protein lengkap menjadi kurang efektif  dalam menghambat  pertumbuhan jaringan tumor dan berkembang dalam saraf.

Gen NF1 memiliki sifat dominan, itu artinya bahwa neurofibromatosis dapat dwariskan dari salah satu orang tua. Jika salah satu ibu atau ayah memiliki gen yang rusak, ada satu dari dua kesempatan setiap anak yang mereka miliki akan akan menderita neurofibromatosis.

Pengobatan Penyakit Neurofibromatosis

Pengobatan yang diambil secara umum adalah operasi. Namun untuk mengatasi beberapa gejala yang ditimbulkan oleh adanya Neurofibromatosis, pengobatannya tergantung dari beberapa gejala yang timbul. Seperti adanya tekanan darah tinggi, maka perawatan yang bisa dilakukan ialah mengurangi jumlah gara dalam makanan, rajin berolah raga, menjaga berat badan, serta menjauhi rokok serta minuman berakohol. Begitu juga dengan gejala lainnya, gejala gejala tersebut memiliki penanganan secara khusus.

sumber : referensisehat.com

No comments

Powered by Blogger.