Header Ads

Menjual Produk Sendiri Lewat Blog

Menjual Produk Sendiri Lewat Blog| Selama ini para blogger pemula lebih suka menjadi publisher ketimbang menjual produk sendiri. Alasanya memang logis, karena menjadi publisher lebih mudah, cuma pasang banner iklan dan biarkan trafik yang bekerja dan selanjutnya tinggal menunggu pay out (PO). Dan Google Adsense saat ini masih menjadi idola para blogger karena kemilau $dollar yang dihasilkan tiap bulannya. Tapi Google Adsense belakangan sangat selektif sehingga banyak sekali blogger yang bertumbangan terkena penalti dan tidak bisa menjadi penyang program periklanan google lagi, salah satunya saya. Tapi Google Adsense bukanlah satu-satunya yang bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan, masih ada banyak program periklanan lainnya (walau $dollar yang dihasilkan tidak sebesar google adsense) dan tentu menjual produk sendiri adalah pilihan terbaik. Menjual produk sendiri sebenarnya lebih berpeluang mendapatkan penghasilan lebih besar ketimbang menjadi penayang iklan, cuma kadang kita masih kebingungan tentang jenis produk dan bagaimana cara menjual produk sendiri tersebut?

Tentang jenis produk
Saya masih mengingat apa yang pernah saya dapatkan dari seorang Romi Satria Wahono dalam satu sesi seminar bahwa kita bisa menjual produk yang banyak dibutuhkan orang lain. Produk tersebut bisa apa saja, dalam bentuk fisik, non fisik atau jasa. Saya juga masih mengingat terus apa yang diucapkan Anne Ahira, bahwa kita bisa menjual apa saja yang dibutuhkan orang lain di internet, tidak melulu produk besar dan terkesan pintar, kita bisa menjual tusuk gigi, tusuk sate, kain perca dan sesuatu yang sederhana lainya.

Bagi seorang guru, menciptakan produk jual bukanlah pekerjaan yang sulit. Karena setiap hari sebenarnya mereka telah membuat produk. Cara mengajar adalah produk, cara mengambil nilai adalah produk, cara menganalisis kemampuan siswa adalah produk, cara menerapkan suatu media pembelajaran adalah produk. Jika produk-produk tadi dikemas dalam suatu tutorial atau buku praktis maka itulah produk yang berpeluang mendatangkan penghasilan luar biasa bagi seorang guru.

Guru-guru yang berhasil menciptakan produk-produk dan mendatangkan penghasilan luar biasa bagi dirinya sebut saja Wijaya Kesumah, Agus Sampurno, Istiyanto, Amelia Sari dan banyak lagi tentunya.

Bagaimana cara menjual produk sendiri lewat blog?
Kalau anda pernah menjadi penayang iklan google, maka seperti itulah cara sederhana menjual produk lewat blog tersebut. Cukup membuat tautan teks atau image yang mengarah kesuatu page atau blog kita lainya yang berisi resensi produk yang kita jual. Maka cara tersebut sudah cukup baik dan bisa mendatangkan pembeli. Cuma kita butuh banyak lagi teknik dan cara lain. Seperti halnya berdagang, ada banyak cara untuk menjual produk dagangan kita tersebut, ada yang menyewa toko lalu menunggu pembeli. Ada yang menjajakannya langsung tanpa toko dan lain-lain.

Dan blog adalah kios yang bisa diisi banyak produk secara gratis, tinggal bagaimana caranya blog kita tersebut ramai dikunjungi sehingga kemungkinan transaksi akan terjadi setiap harinya.

Sedikit tips agar produk kita bisa terjual melalui blog:
  • Buat link teks yang jelas tentang produk yang akan dijual. Singkat tapi menarik untuk di klik.
  • Kalau menggunakan banner promo, buat gambar ukuran 280 pix x 300 pix yang menarik, anda bisa memanfaatkan photosop. Powerpoint dan paint juga bisa asal mengerti komposisi warna. Sertakan teks yang menjelaskan produk anda, singkat, jelas.
  • Buat page yang menjelaskan secara detail produk anda sampai kepada price list dan service lainya. Page ini akan pengunjung baca ketika mereka mengklik tautan link teks atau banner promo yang anda buat dan dipasang di halaman utama blog anda atau blog-blog lainya.
  • Tempatkan link teks atau banner promo diwidget sidebar blog atau bisa juga diatas dan bawah posting blog. Atau diposisi yang mudah terlihat oleh pengunjung blog anda.
  • Tempatkan link teks atau banner promo di blog yang relevan dengan produk anda. Misalnya produk yang anda jual adalah buku pendidikan, maka tempatkan link teks tadi di blog dengan konten pendidikan.
  • Cukup pasang dua atau tiga link teks dan banner promo. Kalau bisa hanya itu yang anda pasang, tidak ada banner dari program publisher ini untuk mengarahkan pengunjung hanya ke produk anda tidak ke yang lainya.
Masih ada banyak tips lain yang bisa dimaksimalkan untuk Menjual Produk Sendiri Lewat Blog, pengalaman dan kemauan bertanya dan belajar kepada orang yang terlebih dahulu sukses dibidang ini tentu akan sangat membantu, dan itu adalah bagian dari kerja keras anda. 

Salam sukses untuk guru Indonesia



Ads Review:
Jasa Pembuatan Blog Murah Tapi Profesional
 


No comments

Powered by Blogger.