Header Ads

Ebook Tutorial Membuat Web Sekolah Menggunakan CMS

Ebook Tutorial Membuat Web Sekolah Menggunakan CMS| Bagi saya website sekolah itu sangat penting, bukan karena trend teknologi, tapi karena manfaat website tersebut. Informasi saat ini yang hampir semuanya disebar dan diperoleh melalui internet memberi banyak kemudahan, efisiensi, waktu dan biaya. Contoh riil saat ini adalah tentang informasi sertifikasi guru, data pokok pendidik dan PPDB yang cara penyampaian informasinya semuanya online. Bayangkan kalau informasi tersebut disampaikan secara manual, akan berapa lama informasi tersebut sampai, dan kepada siapa informasi tersebut bisa sampai. Berbeda dengan saat ini, semua peserta sertifikasi guru bisa cek dan validasi data sendiri. Pun dengan penerimaan peserta didik baru yang belakangan digarap secara online nasional melalui SIAP online. Dan pada saatnya nanti proses monitoring sekolah (pun) sepertinya akan dilakukan secara online, makanya kehadiran website sekolah akan sangat diperlukan.Tapi persoalan biaya kerap menjadi alasan mengapa masih banyak sekolah yang belum membuatkan website sekolahnya. Ebook yang saya buat ini bisa menjadi alternatif untuk memandu rekan-rekan guru atau staf sekolah lainya dalam proses pembuatan website sekolahnya masing-masing secara mandiri tanpa menggunakan jasa orang lain. 

Sekilas Ebook
Ebook ini berisi tutorial proses pembuatan sebuah website sekolah menggunakan CMS. Ada tiga platform CMS yang akan menjadi bahasan dalam ebook ini, yaitu CMS Balitbang (conten management system yang dikembangkan oleh tim balitbang kemendiknas), cms formulasi, dan wordpress. 

Fokus bahasan terdiri dari pengenalan masing-masing CMS (tool dan menu penting), proses instalasi, database, modifikasi template, hosting dan domain, serta proses upload file (ke cPanel ). 

Disertai beberapa tips yang akan membantu dalam proses pembuatan website sekolah secara mandiri. Ebook ini akan memudahkan siapa saja yang berminat dalam proses pembuatan webiste sekolah level pemula dan menengah bukan latar belakang pendidikan komputer sekalipun.

Untuk saat ini bagi yang berminat dengan Ebook Tutorial Membuat Web Sekolah Menggunakan CMS silahkan hubungi saya disini.

No comments

Powered by Blogger.